7 Cara Minum Air Agar Kebutuhan Air Harian Terpenuhi

Diah Afrilian - detikFood Senin, 04 Jan 2021 06:00 WIB
7 Cara Minum Air Agar Kebutuhan Air Harian Terpenuhi Foto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos
Jakarta -

Kebutuhan asupan harian air sangat penting untuk tubuh. Ada 7 cara mudah untuk mengonsumsi air dan agar tubuh tetap terhidrasi.

Tubuh manusia hampir 60% terdiri dari air. Fungsi cairan tubuh ini digunakan untuk membantu pencernaan, penyerapan, sirkulasi, penciptaan air liur, pengangkutan nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh.

Selain fungsi tubuh, air juga dapat membantu mengontrol kalori, memberi energi pada otot, membuat kulit terlihat sehat dengan membuatnya tetap terhidrasi. Maka, peran air dalam tubuh memang sangat penting dan memengaruhi sebagian besar tubuh.

Beberapa orang terkadang lupa untuk memenuhi kebutuhan air untuk hidrasi ini. Melewatkan atau minum air kurang dari batas minimal yang harus dipenuhi tentunya akan mengganggu fungsi tubuh.

Berikut ini 7 cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidrasi dengan mudah menurut Times of India (27/12):

1. Satu Botol Setelah Olahraga

7 Cara Minum Air Agar Kebutuhan Air Harian Terpenuhi7 Cara Minum Air Agar Kebutuhan Air Harian Terpenuhi Foto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos

Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang berasal dari simpanan air dalam tubuh. Cairan yang keluar dari keringat ini harus diganti agar tubuh tetap terhidrasi setelah berolahraga.

Biasakan untuk membawa satu botol air minum yang akan dihabiskan saat berolahraga. Cara seperti ini tentunya akan memudahkan untuk tetap menjaga hidrasi setiap hari. Setidaknya, satu tegukan sebelum, sesaat, dan setelah olahraga akan menghabiskan sebotol air secara perlahan.

2. Beri Tambahan Rasa

Air minum tanpa rasa mungkin akan membosankan dan membuat beberapa orang malas minum air. Cara ini bisa disiasati dengan infused water. Ini pernah terkenal beberapa waktu lalu.

Infused water bekerja dengan memberi sedikit rasa dan aroma pada air minum melalui irisan buah yang ditambahkan dalam botol atau teko. Melalui infused water ini juga akan menambah manfaat air selain menghidrasi juga menambah vitamin yang berasal dari buah.

Baca Juga: 7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tak Hanya Soal Cukup Minum Air

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Manfaat Air Bulan Purnama"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com