Apakah Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Monika Perangin - detikFood Kamis, 05 Nov 2020 12:30 WIB
young beautiful woman by the window at home drinking water. Lifestyle Foto: Getty Images/iStockphoto/Eva Blanco
Jakarta -

Menurunkan berat badan dilakukan dengan pola makan sehat. Konon minum air putih bisa membantu turunkan berat badan. Ini penjelasannya.

Untuk bisa sukses menurunkan berat badan perlu mengatur pola makan, rutin olahraga, tidur minimal 6 jam sehari dan cukup minum air putih.

Hal ini bukan karena air tidak mengandung kalori dan gula. Tetapi, air putih punya peran penting. Memperkuat fungsi otak, menjaga organ tubuh berfungsi maksimal dan memperlancar metabolisme tubuh.

Kriteria minum cukup air putih bisa jadi membingungkan. Beberapa orang memilih standar 8 gelas di mana per gelasnya 240 ml atau 2 liter sehari. Namum, bisa jadi buat yang lain asupan tersebut kurang.

Dikutip dari eatthis (04/11) pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios, Jim White, RD, ACSM memberikan acuan berapa banyak air putih yang sebaiknya dikonsumsi untuk turunkan berat badan.

Berikut fakta minum air putih yang bisa turunkan berat badan:

1. Kebutuhan air rata-rata per orang per hari

puasa air putihair putih untuk turunkan berat badan Foto: iStock

Meskipun tiap orang punya kebutuhan air berbeda, namun Jim White menganjurkan untuk tetap berpegang pada jumlah yang delapan gelas (2 liter) per hari.

Menurutnya jumlah ini dapat membantu penurunan berat badan orang rata-rata pada umumnya atau seseorang yang hanya ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram.

Rasa haus bisa dijadikan patokan. Jika minum 8 gelas air dan masih merasa haus, kamu bisa menambahnya. Tetapi jangan terlalu banyak minum air. Karena kamu bisa mengalami hiponatermia, jumlah sodium dalam tubuh terlalu banyak larut hingga bisa berakibat fatal.

Baca Juga: Selain Air Putih, Bahan Makanan Ini Juga Bisa Memberi Asupan Air

2. Kebutuhan air jika banyak olahraga

Jika kamu melakukan kegiatan fisik seperti olahraga, tubuhmu membutuhkan air yang lebih banyak. Ini dikarenakan, saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat. Maka, kebutuhan air putih harus ditambah untuk mengganti keringat yang keluar.

The American College of Sports Medicine menyarankan untuk memium 0.25 liter air putih sebelum berolahraga dan 0.5 liter setelah olahraga. Kamu bisa menimbang badan sebelum olah raga untuk mengukur penuruan berat badan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]