Selain Air Putih, Bahan Makanan Ini Juga Bisa Memberi Asupan Air

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 10 Mei 2019 02:39 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selama berpuasa tubuh membutuhkan cairan agar tetap terhidrasi. Selain asupan air putih, asupan air juga bisa didapat dar beberapa bahan makanan.

Sejak dulu banyak orang yang beranggapan bahwa meminum delapan gelas air putih per hari sudah cukup. Padahal menurut beberapa penelitian, hal ini tidak memiliki penjelasan medis yang pasti, dan merupakan sebuah teori yang dipublikasikan pada tahun 1945.

Baca Juga: Ini Tips Sahur dari Pakar Diet, Agar Tak Cepat Lapar dan Haus Saat Berpuasa
Selain Air Putih, Bahan Makanan Ini Juga Bisa Memberi Asupan AirFoto: iStock
Menurut Tanya van Aswegen selaku ahli diet klinis di Valiant Clinic Dubai asupan air putih berbeda untuk setiap orang. Tergantung dari jenis kelamin hingga tingkat aktivitas. Untuk rekomendasi harian, wanita harus meminum 2,2 liter air putih dan pria harus mengonsumsi 2,8 liter air putih per harinya.

"Secara umum wanita disarankan mengonsumsi 2,2 liter air dan 2,8 liter air putih untuk pria," jelas Tanya dilansir dari Gulf News (05/05). Selain itu Tanya menjelaskan bahwa air mengisi lebih dari 60% bagian tubuh, sehingga ketika berpuasa asupan air putih ini bisa berbeda.

Meski tidak ada perubahan, tapi Tanya tetap merekomendasikan untuk meminum banyak air putih ketika berbuka puasa, dan terutama saat sahur. Anda bisa juga menambahnya dengan cairan dari sumber makanan lain.
Selain Air Putih, Bahan Makanan Ini Juga Bisa Memberi Asupan AirFoto: iStock
"Anda bisa meminum lebih banyak sup, susu, atau teh herbal, yang akan berkontribusi untuk menambahkan cairan di tubuh selama seharian. Tantangannya ketika berpuasa adalah untuk memastikan bahwa Anda memiliki banyak cairan di dalam tubuh,"

Jadi asupan air putih bisa ditambah dengan mengasup makanan seperti sup, teh herbal, hingga susu. Cairan-cairan ini nantinya akan menjaga Anda tetap sehat dan berenergi saat berpuasa. Juga berfungsi mengendalikan suhu tubuh, sistem pencernaan, menjaga kesehatan usus, hingga membawa nutrisi ke seluruh tubuh.


Meski begitu, Anda disarankan untuk tidak meminum air putih dengan jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan. Hal ini justru bisa memiliki efek samping untuk tubuh.

Menurut Dokter Nacrin Uddin, dari Consultant Family Medicine di Medcare Medical Centre di Dubai, Anda juga harus menghindari minuman yang mengandung banyak gula.

"Sangat disarankan untuk tidak meminum air dalam jumlah banyak di satu waktu, atau di tengah makan. Jangan juga meminum jus dengan pemanis, minuman bersoda dan lainnya," tutur Dokter Uddin.
Selain Air Putih, Bahan Makanan Ini Juga Bisa Memberi Asupan AirFoto: iStock

Mengonsumsi makanan yang memiliki cairan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, sup, atau kaldu bisa jadi penambah cairan selain air putih. Sehingga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa penuh.

"Selama bulan puasa penting untuk meminum dan mengonsumsi makanan yang banyak cairan. Terutama ketika sahur, yang bisa mendorong energi harian," pungkas Dokter Nuddin.

Jadi selain dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air putih. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar air tinggi selama bulan ramadhan.

Baca Juga: Minum Air Putih Hangat Saat Sahur untuk Dapatkan 6 Manfaat Sehat Ini (sob/odi)