Dokter Kulit Ini Ungkap Kaitan Pola Diet Ketat dengan Jerawat Artis K-Pop

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 10:30 WIB
Wendy Red Velvet tengah berulang tahun dan genap berusia 27 tahun hari ini, Minggu (21/2/2021). Vokalis utama Red Velvet ini dikenal penggemar sebagai member yang dermawan dan berasal dari keluarga kaya. Penasaran kekayaan Wendy Red Velvet? Foto: dok. SM Entertainment
Jakarta -

Sudah bukan rahasia lagi kalau artis K-Pop jalani diet ketat. Hal ini ternyata bukan hanya memengaruhi berat badan mereka, tapi juga kondisi kulit. Seperti ini penjelasan dokter kulit artis K-Pop.

Banyak penggemar K-Pop sudah tahu bahwa diet artis favorit mereka bisa begitu ekstrem, bahkan membahayakan kesehatan. Dampaknya tak hanya penurunan berat badan, tapi juga kondisi kulit yang memprihatinkan.

Dikutip dari Koreaboo (26/4), dokter kulit yang biasa menangani artis K-Pop menjelaskan kaitan pola diet ekstrem dengan kondisi kulit. Dokter kulit bernama We Chan Woo dan Jeong Seon Mi itu tampil dalam video Comment Defenders yang tayang di YouTube.

Keduanya berasal dari klinik kecantikan, YOU&ME CLINIC yang berlokasi di Gangnam. Banyak idol K-Pop melakukan perawatan di sana dari tahun ke tahun.

Dokter Kulit Ini Ungkap Kaitan Pola Diet Ketat dengan Jerawat Artis K-PopDokter Kulit Ini Ungkap Kaitan Pola Diet Ketat dengan Jerawat Artis K-Pop Foto: Koreaboo

Secara khusus, We Chan Woo telah bekerja dengan banyak idol K-Pop wanita. Ia menyebut Wendy 'Red Velvet' secara alami memiliki kulit yang sehat dengan sedikit noda atau flek.

Tapi ternyata tak semua idol K-Pop seberuntung Wendy. Ada banyak dari mereka yang alami jerawat dan salah satu pemicu terbesarnya adalah pola diet.

We Chan Woo mengatakan idol K-Pop wanita kebanyakan jalani pola diet ketat. Mereka mengaku hanya makan satu jenis makanan saja, misalnya tomat cherry. Karenanya ketika idol melihat cokelat di meja We, sering kali mereka tergoda dan minta untuk mencicipinya sedikit. We pun merasa iba dengan hal ini.

We lantas menerangkan, pola diet ketat membuat idol K-Pop wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini pernah dialami Ashley Choi yang tidak menstruasi sampai 1 tahun karena agensinya hanya memperbolehkan ia makan tomat cherry.

Ia sudah menjalani terapi hormon untuk mengatasi hal tersebut, namun tidak berhasil. Siklus menstruasinya baru kembali normal setelah Ashley Choi tidak stress dan makan apapun yang ia inginkan.

Ashley Choi, mantan personel Ladies' Code.Ashley Choi, mantan personel Ladies' Code. Foto: Instagram/@ashleybchoi

Baca Juga: Fakta Diet K-pop, Pola Makan untuk Tubuh Ramping Mirip Idol Korea

Ketidakseimbangan hormonal ini menurut We, juga bisa menyebabkan masalah kulit. Hal ini karena kadar estrogen dan androgen mempengaruhi seberapa banyak minyak yang diproduksi kelenjar kulit.

Hasilnya, idol K-Pop sering alami masalah jerawat. Menurut Jeong Seon Mi, jerawat beberapa idol K-Pop sangat parah. Bahkan jerawat ini terlihat menonjol meski sudah ditutupi riasan wajah.

Lalu We Chan Woo juga menyoroti meski beberapa idol K-Pop memiliki kulit wajah yang sehat, namun pada akhirnya mereka juga bisa berjerawat. Hal ini lantaran pemakaian make-up yang berat setiap hari.

Pemicu lain dari munculnya jerawat di kalangan idol K-Pop adalah pola tidur mereka yang tidak normal. Peneliti mengatakan, kurang tidur sangat terkait dengan kadar hormon yang pada akhirnya memicu jerawat.

Dokter Kulit Ini Ungkap Kaitan Pola Diet Ketat dengan Jerawat Artis K-PopDokter Kulit Ini Ungkap Kaitan Pola Diet Ketat dengan Jerawat Artis K-Pop Foto: Koreaboo

Menurut We Chan Woo, untuk mengatasi jerawat, tak semua idol K-Pop memperbaiki pola makannya. Mereka mengandalkan suntik jerawat di klinik kecantikan.

"Terkadang, mereka datang di tengah-tengah waktu syuting. Mereka pergi dan bilang kalau sedang syuting dan kondisi jerawatnya sangat buruk. Jadi mereka disuntik jerawat dan segera pergi setelahnya," pungkas Jeon Seon Mi.

Baca Juga: Cara Melakukan Kpop Diet untuk Dapatkan Tubuh Langsing Bintang Kpop

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com