Rutin Konsumsi Yogurt Saat Sahur Agar Pencernaan Lebih Sehat

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 19 Apr 2021 03:00 WIB
konsumsi yogurt saat sahur dianjurkan agar kesehatan pencernaan tetap terjaga. Foto: iStock
Jakarta -

Selain nasi dan lauk serta minum air putih yang cukup, mengonsumsi yogurt secara rutin saat sahur juga dianjurkan. Karena bisa menjaga kesehatan pencernaan.

Masalah kesehatan pencernaan adalah salah satu yang sering dialami selama puasa. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan dan minuman sehat menjadi kunci agar asupan nutrisi tetap seimbang.

Agar kesehatan pencernaan selalu terjaga, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

Tak hanya itu, yogurt juga disarankan untuk dikonsumsi selama puasa. Karena, yogurt mengandung bakteri baik dan probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, seperti dilansir dari Egypt Today (14/4).

konsumsi yogurt saat sahur dianjurkan agar kesehatan pencernaan tetap terjaga.konsumsi yogurt saat sahur dianjurkan agar kesehatan pencernaan tetap terjaga. Foto: iStock

Baca Juga: Yogurt untuk Diet dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Yogurt sendiri adalah makanan yang terbuat dari fermentasi susu. Selain kandungan bakteri Lactobacillus dan probiotik, dalam 1 cangkir yogurt (237 ml) juga mengandung kalsium, vitamin B, riboflavin, magnesium, dan potasium.

Konsumsi yogurt secara rutin bisa meningkatkan imunitas tubuh. Yogurt juga bisa mengurangi peradangan tubuh, seperti gangguan pada usus. Selain itu, fungsi probiotik pada yogurt juga dapat membantu meringankan gejala flu.

Bagi mereka yang memiliki penyakit kronis seperti jantung juga dianjurkan mengonsumsi yogurt. Bisa juga membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Selama puasa, sebaiknya yogurt dikonsumsi saat sahur. Sebaiknya konsumsi yogurt tawar tanpa penambahan rasa atau pemanis. Bisa ditambahkan aneka buah yang kaya air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Pilihan lainnya adalah paduan yogurt dengan kacang atau biji-bijian. Karena kacang-kacang dan bijian mengandung protein nabati. Asupan protein yang cukup juga penting selama berpuasa agar tidak cepat lapar.

konsumsi yogurt saat sahur dianjurkan agar kesehatan pencernaan tetap terjaga.konsumsi yogurt saat sahur dianjurkan agar kesehatan pencernaan tetap terjaga. Foto: iStock

Dilansir dari Nile FM (6/5), yogurt tak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga memiliki manfaat lain. Karena yogurt mengandung protein yang tinggi, maka saat dikonsumsi ketika sahur bisa memberi pasokan energi.

Yogurt juga bisa menghidrasi tubuh selama berpuasa karena mengandung air. Kecuali itu yogurt juga bisa membantu merawat gigi dari makanan manis selama berpuasa, juga menghilangkan bau mulut.

Yang penting konsumsi yogurt baik jenis set yogurt atau greek yogurt. Pilihlah jenis yogurt tawar tanpa tambahan pemanis atau perasa. Gunakan buah-buahan segar sebagai penambah rasa.

Baca Juga: Cara Membuat Yogurt di Rumah, Mudah dan Hemat!



Simak Video "Soto Sokaraja H. Suradi yang Melegenda Kelezatannya di Purwokerto"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com