Yogurt untuk Diet dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 13:30 WIB
Ini Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin Gendut Foto: Getty Images/MonicaNinker
Jakarta -

Yogurt memang sering dinikmati bagi orang-orang yang ingin berdiet. Padahal tidak hanya bermanfaat sebagai penurun berat badan tetapi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Dikutip dalam Healthline, yogurt adalah produk susu yang populer dan terbuat dari fermentasi bakteri pada susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt disebut "kultur yogurt", yang memfermentasi laktosa, gula alami yang terdapat dalam susu.

Proses ini menghasilkan asam laktat, zat yang menyebabkan protein susu mengental, memberi yogurt rasa, gula alami yang terdapat dalam susu.

Proses itulah yang menghasilkan asam laktat yang menyebabkan protein susu mengenal sehingga membuat rasa dan tekstur yogurt unik.

Yogurt bisa dibuat dari semua jenis susu. Varietas yang terbuat dari susu skim dianggap bebas lemak. Sedangkan yang terbuat dari susu murni dianggap penuh lemak.

Dikutip dalam Daily Sabah, berikut manfaat yogurt untuk diet dan kesehatan:

1. Penyeimbang kala konsumsi antibiotik

Yogurt bertindak sebagai penawar saat kamu mengonsumsi antibiotik. Setiap kali mengonsumsi antibiotik, yogurt menjadi salah satu makanan terpenting dalam diet.

Meskipun antibiotik menghancurkan bakteri penyebab penyakit saat kamu sakit, antibiotik juga menyebabkan kematian bakteri jinak.

Jika ingin terhindar dari efek samping antibiotik sebaiknya jangan lupa mengonsumsi yogurt ya.

Ini Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin GendutIni Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin Gendut Foto: Getty Images/MonicaNinker

2. Memicu produksi vitamin B

Tubuh kita hampir tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Hanya vitamin B dan K

yang diproduksi melalui reaksi biologis di usus kita. Orang yang rutin mengonsumsi yogurt dapat membantu tubuh mereka mengonsumsi vitamin B di susu.

Vitamin B dapat mengatur keseimbangan energi tubuh sekaligus melindungi kamu dari penyakit saraf dan autoimun.

Ini Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin GendutIni Dia 5 Kesalahan Saat Makan Yogurt yang Bisa Bikin Gendut Foto: Getty Images/MonicaNinker

3. Melancarkan pencernaan

Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri yang mempercepat buang air besar dan tidak dapat ditemukan dalam makanan selain yogurt. Asam laktat dalam yogurt dapat membunuh bakteri jahat di usus, mencegah diare dan membantu menciptakan lingkungan usus yang sehat.

Dengan kata lain, produk susu fermentasi ini dapat dikatakan sebagai pembersih usus. Yogurt juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium setelah dikonsumsi dan merangsang hormon saturasi di usus karena mengandung lemak dan protein hewani berkualitas tinggi.

4. Membantu turunkan berat badan

Yogurt memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu manajemen berat badan. Menurut beberapa penelitian, mereka yang mengonsumsi yogurt cenderung makan lebih baik secara keseluruhan, dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya. Ini sebagian karena kandungan nutrisinya yang lebih tinggi, dibandingkan dengan kandungan kalorinya yang rendah.

5. Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi yogurt yang mengandung probiotik secara teratur bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah Anda tertular penyakit.

Yogurt untuk diet juga mengandung probiotik telah terbukti mengurangi peradangan yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com