Cara Membuat Yogurt di Rumah, Mudah dan Hemat!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 16:30 WIB
yogurt Cara membuat yogurt di rumah. Foto: iStock
Jakarta -

Gemar mengonsumsi yogurt? Yogurt merupakan olahan susu yang telah difermentasikan, rasanya manis asam dan memiliki tekstur yang lembut.

Yogurt juga memiliki kandungan mineral, vitamin B dan protein yang bermanfaat untuk tubuh kamu. Mengonsumsi yogurt setiap hari bisa memperlancar pencernaan dan membuat tubuh kamu lebih segar dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Ternyata membuat yogurt itu mudah loh! Selain tanpa bahan pengawet dan bahan lainnya, kamu juga tahu takaran dan tentunya akan lebih hemat juga membuat yogurt sendiri di rumah.

Berikut ini sejumlah cara untuk membuat yogurt sendiri seperti dirangkum detikFood dari beberapa sumber.

Bahan yang dibutuhkan:

1. 1000 ml susu segar. Kamu bisa menggunakan whole milk atau skim milk.

2. 2 sendok makan plain yogurt (yogurt dengan kandungan bakteri yang masih hidup / bakteri probiotik)

Alat yang dibutuhkan:

1. Panci

2. Stoples dengan tutup (untuk menaruh yogurt)

3. Baskom

Cara membuat yogurt.Cara membuat yogurt. Foto: iStock

Cara membuat:

1. Tuang 1000 ml susu segar ke dalam panci dan panaskan menggunakan kompor dengan api kecil sambil diaduk perlahan, bisa juga menggunakan oven dengan temperature hingga 85 derajat celcius. Saat proses pemanasan pastikan susu jangan sampai mendidih dan hangus pada bagian bawah. Proses ini bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.

2. Setelah susu sudah cukup panas, angkat susu dan dinginkan dengan meletakkan panci ke dalam baskom atau wadah yang berisi air sambil diaduk secara perlahan hingga suhu susu mencapai 43 derajat celcius.

3. Saat mencapai temperatur yang diinginkan, tuangkan yogurt plain dengan bakteri hidup ke dalam panci yang berisi susu tersebut. Aduk yogurt dengan susu hingga rata secara keseluruhan.

4. Pindahkan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam stoples bersih. Tutup rapat sehingga tidak menyediakan ruang udara bisa masuk agar proses inkubasinya berjalan dengan sempurna.

5. Saat proses inkubasi terjadi, diamkan cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. Pastikan temperatur saat proses inkubasi terjadi ada pada 38 derajat celcius. Proses ini akan memakan waktu selama 7 jam. Semakin lama didiamkan maka tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.

6. Setelah mendiamkan selama 7 jam atau lebih, dinginkan yogurt yang telah mengental ke dalam lemari es beberapa jam sebelum dikonsumsi agar yogurt lebih awet atau menambahkan waktu sebelum kadaluarsa sebanyak 1 hingga 2 minggu.

Cara membuat yogurt.Cara membuat yogurt. Foto: iStock

Ternyata mudah kan membuat yogurt sendiri? Sudah sehat, murah, hemat dan banyak lagi. Pastikan kamu mengikuti semua tahap-tahapnya ya, agar yogurt yang kamu buat berhasil. Jangan lupa untuk berbagi kepada keluarga kamu ya dan lihat pendapat mereka tentang yogurt buatan kamu.



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)