Kebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 16 Apr 2021 04:00 WIB
7 Makanan untuk Atasi Noda Hitam Bekas Jerawat Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Sering diabaikan kebiasaan makan selama bulan puasa, ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Seperti tidak sahur, sampai tidur setelah makan.

Selama bulan ramadhan, banyak orang yang secara tak sadar mengubah pola dan kebiasaan mereka. Karena menahan haus dan lapar seharian, orang jadi kalap mata dan makan secara berlebihan saat buka puasa.

Ternyata kebiasaan makan ini cukup berpengaruh pada kesehatan kulit. Agar kulit tetap sehat selama menjalani ibadah puasa, ada beberapa kebiasaan makan yang sebaiknya tak dilakukan.

Seperti yang dilansir dari Images (15/04) ini kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari selama berpuasa di bulan ramadhan.


Baca Juga: Agar Tubuh Tetap Fit dan Ramping, Terapkan Pola Makan Ini Selama Ramadhan

1. Sering Lewatkan Sahur

Kebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak KulitKebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit Foto: Getty Images/iStockphoto/

Banyak orang yang memilih untuk tidak makan sahur, karena alasan mengantuk sampai malas menyiapkan makanan di pagi hari. Padahal sahur ini sangat penting untuk kesehatan tubuh, dan tentu saja kulit.

Ketika kamu melewatkan makan sahur, artinya kamu hanya makan satu kali dalam kurun waktu 24 jam. Tubuh secara natural akan membutuhkan nutrisi tambahan, dan menyimpan sisa-sisa kandungan hingga lemak yang ada.

Hal ini menyebabkan tubuh menjadi membengkak. Hasilnya kulit akan menjadi lebih kusam, yang sulit untuk dikembalikan dalam waktu cepat. Jadi sebaiknya, selalu makan saat sahur meski sedikit.

2. Minuman Bersoda

Kebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak KulitKebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit Foto: Getty Images/iStockphoto/

Berbuka puasa dengan minuman bersoda yang dingin dan menyegarkan memang enak. Tapi efeknya tidak baik untuk kesehatan, apalagi setelah seharian berpuasa.

Minuman bersoda mengandung banyak gula, yang bisa memicu perut kembung dan nyeri dibagian perut. Dalam beberapa penelitian, minuman bersoda bisa memicu penuaan dini yang menghadirkan keriput di bagian kulit.

Jadi lebih baik minum air putih. Bisa tambahkan irisan buah lemon, agar tetap segar dan sehat. Kunci utama untuk memiliki kulit sehat adalah hidrasi. Salah satunya dengan rajin minum air putih.

3. Olahraga Setelah Makan

Kebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak KulitKebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit Foto: Getty Images/iStockphoto/

Bagi yang sedang diet atau menjaga bentuk tubuh. Olahraga setelah berbuka puasa justru bisa memicu efek buruk untuk kesehatan.

Saat berpuasa, sistem pencernaan tubuh tentunya berubah. Tekanan berlebihan pada tubuh secara tiba-tiba, bisa menyebabkan keram dan nyeri di sekujur tubuh.

Sementara untuk dampaknya pada kulit, bisa memicu 'breakout'. Yaitu kondisi kulit wajah yang mengalami iritasi dan muncul jerawat.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Midsection image of woman adding salt in cooking pot. Utensil is placed on gas stove. Close-up of female seasoning her dish. She is preparing food in domestic kitchen.Midsection image of woman adding salt in cooking pot. Utensil is placed on gas stove. Close-up of female seasoning her dish. She is preparing food in domestic kitchen. Foto: iStock

Banyak hidangan saat berbuka puasa atau sahur yang mengandung garam. Kandungan garam ini tentunya berpengaruh, dan bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

Terutama makanan-makanan yang disajikan saat sahur. Biasanya makanan sahur, merupakan makanan sisa dari buka puasa. Sehingga kadar garam dalam makananya ini jauh lebih tinggi.

Agar kulit tetap sehat, sebaiknya ganti menu sahur dengan perbanyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung air tinggi. Bisa juga konsumsi buah tinggi potassium seperti pisang, untuk mengganti sodium di garam.

5. Tidur Setelah Makan

Kebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak KulitKebiasaan Makan Selama Ramadan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit Foto: Getty Images/iStockphoto/

Ngantuk setelah makan dan kekenyangan jadi kebiasaan yang rawan penyakit. Walau makanan yang dikonsumsi sedikit, tapi langsung tidur setelah makan tetap tidak disarankan.

Kebiasaan langsung tidur setelah makan bisa memicu kenaikan berat badan. Karena tubuh tidak diberikan kesempatan untuk membakar kalori yang baru saja masuk.

Saat berat badan bertambah, stretch mark atau guratan pada kulit bisa muncul. Karena peregangangan kulit yang berlebihan dalam waktu singkat.

Baca Juga: Konsumsi 7 Buah Ini Untuk Cegah Dehidrasi Saat Puasa



Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com