Agar Tubuh Tetap Fit dan Ramping, Terapkan Pola Makan Ini Selama Ramadhan

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 15 Apr 2021 16:00 WIB
family Iftar meal in ramadhan Foto: Getty Images/rudi_suardi
Jakarta -

Banyak orang yang justru mengalami kenaikan berat badan selama menjalani ibadah puasa. Ada beberapa pola mudah yang bisa diterapkan agar tubuh tetap fit.

Selama bulan ramadhan, berat badan seringkali melonjak tajam. Tentunya berpengaruh dengan bentuk tubuh dan kebugaran.?Biasanya hal ini disebabkan karena pola makan berlebihan saat berbuka puasa hingga sahur.

Padahal menurut Dokter Ryan Penny, dan ahli gizi Farah Hilou asal Dubai, bulan puasa ini bisa jadi waktu yang tepat untuk mengembalikan tubuh menjadi lebih sehat.

Tentunya ada beberapa pola yang bisa diterapkan selama bulan ramadhan. Pola ini berhubungan dengan pemilihan makanan, sampai kebiasaan makanan ketika berbuka puasa.

Mulai dari rajin makan kurma, perbanyak makanan berkuah, sampai wajib memasukkan menu buah-buahan saat sahur dan buka puasa.

Dilansir dari Gulf News dan sumber lainnya (14/04). Berikut pola sehat yang bisa diterapkan selama bulan ramadan, agar tubuh tetap fit dan ramping.

Baca Juga: Ini 5 Tips Sahur Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

1. Bisa Turunkan Berat Badan

Middle Eastern Suhoor or Iftar mealMiddle Eastern Suhoor or Iftar meal Foto: iStock

Menurut Dokter Ryan, menurunkan berat badan saat bulan ramadhan bisa dilakukan tanpa mengganggu ibadah puasa. Ia menyarankan untuk berbuka puasa dengan air putih dalam gelas besar, kemudian untuk takjilnya diganti menjadi yang lebih sehat tapi tetap manis enak.

"Takjil bisa diganti dengan buah semangka atau buah berry. Bisa juga pilih buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi, karena akan membuat perut lebih cepat kenyang. Tentunya mendorong orang-orang untuk lebih memilih makanan sehat saat menyantap hidangan utama," saran Dokter Ryan.

"Sebenarnya makan berlebihan saat buka puasa adalah hal yang wajar. Tapi kita bisa menghentikannya, ketika tubuh sudah terasa mulai penuh. Kunyah makanan pelan-pelan jangan terburu-buru," jelas Farah.

2. Buka Puasa dengan Kurma

Ramadan dates or kurma for iftar in a box. Isolated on black, studio shot.Ramadan dates or kurma for iftar in a box. Isolated on black, studio shot. Foto: Getty Images/iStockphoto/DejanKolar

Punya banyak khasiat, kurma disarankan jadi menu berbuka puasa untuk menjaga badan tetap fit. Kurma bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah, setelah seharian penuh berpuasa dan mencegah orang-orang untuk makan berlebihan.

"Sekali lagi, pastikan kalian minum air putih yang cukup. Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi," lanjut Dokter Ryan.

Sementara Farah, menyarankan orang-orang untuk berbuka puasa dengan sup yang berisi sayuran. Setelah makan sup yang berkuah, perut akan lebih kenyang. Kita jadi tidak kalap atau lapar mata saat dihadapkan dengan berbagai menu buka puasa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com