3 Tips Sehat Minum Kopi Saat Menjalani Ibadah Puasa

Riska Fitria - detikFood Selasa, 13 Apr 2021 06:00 WIB
3 Tips Sehat Minum Kopi Saat Menjalani Ibadah Puasa Foto: iStock
Jakarta -

Kandungan kafein pada kopi dapat memberikan efek positif maupun negatif, terutama jika dikonsumsi di bulan ramadhan. Supaya aman, ikuti 3 tips ini saat minum kopi di bulan puasa.

Banyak orang yang memulai hari dengan secangkir kopi. Namun, di bulan ramadhan apakah kita harus berhenti mengonsumsi kopi? Sebab kandungan kafein bisa jadi mempengaruhi ibadah berpuasa seharian.

Selama ini banyak yang mengeluhkan efek samping minum kopi saat berpuasa. Mulai dari dehidrasi hingga sakit kepala. Perlu diketahui minum kopi di bulan Ramadhan adalah sah-sah saja. Asalkan masih memperhatikan porsi, waktu minum kopi dan jenis kopi yang dipilih.

Berikut 3 tips minum kopi saat bulan puasa:

1. Kurangi Porsi Minum Kopi

3 Tips Sehat Minum Kopi Saat Menjalani Ibadah Puasa3 Tips Sehat Minum Kopi Saat Menjalani Ibadah Puasa Foto: iStock

Bagi orang yang tak terbiasa minum kopi, mereka akan lebih sensitif saat mengasup kafein. Namun, bagi yang sudah biasa minum kopi secara teratur biasanya lebih membangun toleransi terhadap efeknya.

Justru, jika menghilangkan kafein secara tiba-tiba dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, mudah marah hingga suasana hati tertekan. Nah, untuk menghindari efek itu saat berpuasa, maka kurangi asupan kafein.

Pengurangan asupan kafein itu dapat dilakukan secara bertahap menjelang Ramadhan. Caranya bisa memulai dengan menggunakan cangkir yang lebih kecil, seperti yang dikutip dari Mvslim.com.

Baca Juga : 5 Efek Minum Kopi Setiap Hari yang Terjadi pada Tubuh

2. Waktu Minum Kopi

3 Tips Sehat Minum Kopi Saat Menjalani Ibadah Puasa3 Tips Sehat Minum Kopi Saat Menjalani Ibadah Puasa Foto: iStock

Saat berpuasa, tentunya hanya bisa menikmati kopi saat waktu berbuka atau waktu sahur. Namun, manakah waktu yang baik untuk minum kopi saat berpuasa?

Jawabannya adalah saat berbuka puasa atau lebih tepatnya satu atau dua jam setelah berbuka dan makan berat. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya iritasi pada perut.

Namun, kamu juga perlu mengatur agar tidak minum kopi menjelang waktu tidur. Itu agar tidak terjadi insomnia atau gangguan sulit tidur. Selain itu, setelah minum kopi juga sebaiknya minum cukup air untuk menetralkan.

Lantas mengapa tidak dianjurkan minum kopi saat sahur? Itu karena kopi memiliki sifat diuretik yang menyebabkan produksi urine lebih banyak. Jadi, jika minum kopi saat sahur bisa membuat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

3. Pilih Jenis Kopi yang Tepat

3 Tips Sehat Minum Kopi Saat Menjalani Ibadah Puasa3 Tips Sehat Minum Kopi Saat Menjalani Ibadah Puasa Foto: iStock

Saat minum kopi pada bulan puasa sebaiknya memilih jenis kopi yang kandungan kafeinnya sedikit. Nah, kamu bisa memilih kopi decaf atau kopi tanpa kafein.

Namun, kopi decaf tidak benar-benar nol kafein. Hanya saja kandungan kafeinnya jauh lebih sedikit daripada jenis kopi lainnya. Dilansir dari Huffington Post, 94-98% kafeinnya telah dihilangkan.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari pada Tubuh



Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com