Agar Tubuh Tetap Fit dan Ramping, Terapkan Pola Makan Ini Selama Ramadhan

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 15 Apr 2021 16:00 WIB
family Iftar meal in ramadhan Foto: Getty Images/rudi_suardi

3. Rencanakan Menu Makanan

Woman shopping at the grocery store wearing a facemask to avoid the coronavirus while following a list on her cell phone - COVID-19 lifestyle conceptsWoman shopping at the grocery store wearing a facemask to avoid the coronavirus while following a list on her cell phone - COVID-19 lifestyle concepts Foto: Getty Images/Hispanolistic

Sebagai ahli gizi, Farah menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang selama bulan ramadan. Cara yang paling mudah untuk mengaturnya, bisa dengan 'meal-prepping' atau merencanakan menu makanan sebelum dimasak.

"Sudah mengetahui apa yang akan dimasak atau dimakan saat buka puasa dan sahur, lebih menghemat waktu saat akan memasaknya. Apalagi jika makanan sudah dimasak sehari sebelumnya atau di akhir pekan," saran Farah.

Ia juga menambahkan, orang-orang bisa menulis menu makanan mereka sendiri. Jadi orang-orang bisa menilai apakah menu yang mereka catat membutuhkan nutrisi tambahan seperti sayur dan bahan lainnya.

4. Menu Sahur yang Seimbang

5 Cara Bikin Smoothies Untuk Dapatkan Perut Ramping5 Cara Bikin Smoothies Untuk Dapatkan Perut Ramping Foto: Shutterstock

Ada yang makan berlebihan saat sahur, ada juga yang malas makan sahur. Padahal mengonsumsi makanan yang seimbang sangat penting untuk tubuh ketika sahur.

Kalau malas makan nasi atau makanan yang berat. Dokter Ryan menyarankan orang-orang bisa mencoba membuat smoothies sendiri di rumah, bahan-bahannya bisa disiapkan di malam hari jadi lebih praktis.

"Agar tubuh tetap berenergi, tambahkan sedikit bubuk protein yang membuat perut terasa lebih kenyang. Pilih buah-buahan seperti pisang, alpukat, beri atau selai kacang. Kandungan karbo, protein dan lemak sehat cocok jadi menu sahur yang seimbang," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com