Ini Aturan Minum Air Putih Selama Bulan Puasa Agar Tak Alami Dehidrasi

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 13 Apr 2021 07:00 WIB
Close up of a young man drinking water from a plastic bottle . He is listening to music from small white earphones and his eyes are closed. The sun is shining strong in the background. Foto: iStock
Jakarta -

Menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa sangat penting. Agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi, ikuti tips minum air putih ini.

Saat menjalani ibadah puasa memang tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selain di waktu sahur dan berbuka. Tetapi menjaga kecukupan cairan tubuh atau menghidrasi tubuh tetap harus dilakukan.

Tubuh tetap memerlukan cairan untuk menjaga keseimbangan fungsi tubuh saat puasa. Mengetahui cara minum air mineral yang baik menjadi kunci untuk tetap bisa menjaga hidrasi tubuh.

Ternyata ada hitungan yang tepat untuk tetap memenuhi kebutuhan air dan menghindari dehidrasi yang mungkin terjadi selama puasa. Simak tips aturan minum air selama puasa berikut ini.

Baca juga: Puasa Air Putih Populer untuk Turunkan Berat Badan, Ini Faktanya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini pembagian waktu minum air untuk cegah dehidrasi saat puasa.

2 Gelas Saat Berbuka

Minum air sebanyak 2 gelas saat berbuka puasa tak hanya bertujuan untuk membatalkan puasa dan melepas rasa haus. Minum air putih saat berbuka puasa punya manfaat yang ternyata jauh lebih lengkap dari kedua alasan tersebut.

Cukup minum saat berpuasa diketahui dapat membantu tubuh untuk lebih mudah mencerna makanan. Saat berpuasa tubuh akan beristirahat dalam mencerna makanan dan sistem pencernaan akan kembali mulai aktif pada saat berbuka puasa.

Selain itu, minum air putih yang cukup saat berbuka puasa juga akan membantu tubuh menyerap vitamin dan nutrisi dari makanan dengan lebih mudah. Tak harus menghabiskan 2 gelas dalam satu waktu, tetapi bisa dilakukan secara berkala.

Close up of a young man drinking water from a plastic bottle . He is listening to music from small white earphones and his eyes are closed. The sun is shining strong in the background.Ini Aturan Minum Air Putih Selama Bulan Puasa Foto: iStock

4 Gelas Saat Malam Hari

Setelah konsumsi cukup air putih saat berbuka, kamu juga disarankan untuk secara berkala minum cukup cukup biar hingga waktu tidur. Tak harus minum sebanyak 4 gelas sekaligus, minum secara perlahan dengan jeda waktu yang pas akan jauh lebih baik.

Misalnya 1 gelas air putih sebelum mulai konsumsi makanan yang lebih berat, 1 gelas air putih setelah makan, 1 gelas air putih sebelum tarawih dan 1 gelas air putih setelah tarawih menjelang tidur. Cara seperti ini akan lebih efektif untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup asupan air.

2 Gelas Air Putih Saat Sahur

Pada waktu sahur, banyak orang yang akan minum banyak air putih dengan tujuan untuk menghindari kehausan di siang hari. Sebenarnya, minum berlebihan saat sahur juga bukan cara yang tepat untuk mencegah kehausan di siang hari.

Banyak minum saat sahur tidak akan berpengaruh untuk mencegah haus di siang hari. Ginjal akan mengeluarkan sisa air berlebih yang masuk melalui saluran urin.

Minum banyak air memang akan lebih menghidrasi tubuh, tetapi ini akan terjadi hanya dalam waktu singkat. Setidaknya, minumlah air minimal 2 gelas saat sahur dan tidak terlalu berlebihan.

Baca juga: Agar Tak Dehidrasi, Begini Cara Benar Penuhi Kebutuhan Air Selama Berpuasa



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com