Kalori Tempe Goreng Vs Tahu Goreng, Mana yang Kamu Pilih?

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Apr 2021 14:45 WIB
Perbandingan Nilai Gizi dalam 100 Gram Daging, Tahu, Tempe dan Ikan Foto: iStock
Jakarta -

Kalori tempe goreng dan tahu goreng tentu berbeda. Namun keduanya sama-sama dibuat dari kacang kedelai dan menjadi sumber protein nabati yang sangat baik untuk tubuh.

Dikutip dalam Healthline, tempe dan tahu adalah sumber protein nabati yang baik. Meskipun dibuat dari bahan yang sama, tetapi produk akhirnya berbeda.

Tahu terbuat dari susu kedelai yang dikoagulasi dan dipadatkan menjadi potongan kotak sehingga menghasilkan tekstur yang lembut. Sedangkan tempa dibuat dari kedelai yang difermentasi dengan bantuan jamur Rhizopus oligosporus.

Dalam 100 gram tempe mengandung 201 kkal, 20,8 gr protein, 8,8 gr lemak, 13,5 gr karbohidrat dan 1,4 gr serat. Dan satu porsi tempe atau 2 potong sedang yang digoreng tanpa tepung memiliki berat sekitar 50 gr mengandung 164 kalori dan 11 gr lemak.

Dalam 100 gram tahu mentah mengandung kalori sebesar 80 kkal, 10,9 gram protein, 4,7 gram lemak dan 0,8 gram karbohidrat. Sedangkan untuk kalori tahu goreng dengan berat 100 gram mengandung sebesar 115 kalori, 9,7 gr protein, 8,5 gr lemak dan 2,5 gr karbohidrat.

Kalori tempe goreng vs tahu goreng

Jika dibandingkan kalorinya lebih tinggi tempe dan tempe juga mengandung protein yang lebih tinggi. Tempe juga mengandung prebiotik, jenis serat yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan.



Simak Video "Harga Kedelai di Solo Meroket, Perajin Tahu Tempe Menjerit"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com