Kalori Tahu Bacem dan Tahu Isi, Mana yang Lebih Tinggi?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 04 Mar 2021 13:30 WIB
Indonesian marinaded tofu with peanut satay sauce on a small bed of spinach. Foto: iStock
Jakarta -

Kalori tahu bacem tentu akan berbeda dengan olahan jenis tahu lainnya. Tahu menjadi salah satu lauk berprotein yang ekonomis dan juga enak. Tahu bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan.

Tahu terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Sama-sama terbuat dari kacang kedelai, akan tetapi serat dan protein yang dihasilkan dari tahu dan tempe tentu berbeda.

Dalam 100 gram tahu mengandung 80 kkal energi, 10,9 gram protein, 4,7 gram lemak, 0,8 gram karbohidrat dan 0,1 gram serat. Sedangkan untuk 100 gram tempe mengandung 150 kkal energi, 14 gram protein, 7,7 gram lemak, 9,1 gram karbohidrat dan 1,4 gram serat.

Tahu bacem menjadi salah satu olahan tahu yang sering dijadikan sebagai paduan teman makan nasi uduk hingga soto. Tahu bacem dibuat dengan campuran air kelapa, gula merah dan kecap manis yang menyatu dengan bumbu-bumbunya.

Bumbu yang digunakan dalam pembuatan tahu bacem adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan dan garam.

Satu potong tahu bacem seberat 50 gram mengandung kalori sebesar 29,5 kkal. Sedangkan untuk sepotong tahu isi dengan berat 50 gram mengandung kalori sebesar 122 kkal.

Dibandingkan dengan kalori tahu bacem, kalori tahu isi lebih tinggi. Hal ini dikarenakan karena penyerapan minyak dalam tahu isi goreng tepung lebih banyak. Jadi kamu pilih yang mana?



Simak Video "Icip-icip Varian Tahu Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com