Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini Alasannya

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 12:30 WIB
Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini Alasannya Foto: iStock
Jakarta -

Mitos nanas berbahaya bagi kandungan rupanya tidak sepenuhnya keliru. Nanas ternyata memang bisa memberikan efek buruk pada ibu hamil.

Saat hamil kesehatan ibu dan bayi menjadi hal yang utama. Para orang tua ini pasti menginginkan anaknya baik-baik saja dalam kandungan dan lahir dengan selamat.

Berbagai upaya pasti banyak dilakukan. Mulai dari minum vitamin, menjaga pola makan hingga menghindari makanan-makanan yang berisiko tinggi terhadap janin.

Beberapa makanan yang dipantang biasanya seringkali juga dikaitkan dengan mitos-mitos atau kepercayaan turun temurun. Salah satunya tentang makan nanas. Ternyata mitos ini tak sepenuhnya keliru.

Baca juga: 5 Mitos Ibu Hamil, Salah Satunya Makan Nanas Bisa Keguguran

Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini AlasannyaIbu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini Alasannya Foto: iStock

Dilansir melalui Mashed (5/4), konsumsi nanas dapat memberikan efek negatif pada serviks terutama jika yang mengonsumsi adalah ibu hamil. Nanas diketahui memiliki komponen yang bernama bromelain.

Bromelain merupakan komponen yang sangat berbahaya dan berisiko bagi ibu hamil. Bromelain memiliki efek yang dapat memecah protein di dalam tubuh dan akan berefek pada melunaknya serviks.

Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini AlasannyaIbu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini Alasannya Foto: iStock

Serviks yang melunak ini akan sangat riskan bagi ibu hamil. Jika serviks melunak, peluang untuk mengalami keguguran atau bayi lahir prematur akan sangat tinggi.

Efek bromelain ini sebelumnya juga telah dijelaskan kaitannya sebagai penginduksi alami. Bukan hanya menginduksi kontraksi pada kehamilan, bromelain juga dapat memberikan efek tambahan seperti diare.

Tetapi jika sangat dibutuhkan ibu hamil masih bisa mengkonsumsi nanas. Tentunya dengan penyesuaian porsi dan atas pengawasan dokter yang bertanggung jawab. Hal ini harus diperhatikan terutama pada ibu hamil yang telah memasuki trimester ketiga atau yang telah mendekati hari kelahiran.

Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini AlasannyaIbu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini Alasannya Foto: iStock

Hal lainnya juga harus diketahui bahwa ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi nanas sebagai tindakan pencegahan jika ngidam nanas. Tetapi tentunya tetap dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Untuk lebih amannya jangan mengonsumsi lebih dari 10 potong nanas. Jika melebihi dari jumlah yang disarankan yaitu sekitar 7-10 potong nanas ini akan sangat berisiko bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

Baca juga: Apa Benar Wanita Hamil Tak Boleh Sering Makan Nanas dan Ikan?



Simak Video "Masak Masak: Tips Potong Dadu Buah Nanas"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com