5 Mitos Ibu Hamil, Salah Satunya Makan Nanas Bisa Keguguran

Devi Setya - detikFood Selasa, 17 Nov 2020 17:00 WIB
5 Mitos Ibu Hamil, salah satunya Makan Nanas bisa Keguguran Foto: Getty Images/iStockphoto/LSOphoto
Jakarta -

Ibu hamil tentu ingin memberikan asupan makanan terbaik untuk janin. Tapi sampai sekarang banyak beredar mitos ibu hamil seputar makanan.

Pernah dengar ungkapan 'makan nanas bikin keguguran' atau 'makan ikan bikin bayi bau amis'? Mitos ini masih banyak dipercaya di Indonesia dan ibu hamil cenderung menghindari beberapa makanan yang diklaim menyebabkan bayi lahir tak normal.

Padahal sebagian besar pantangan makan ini hanyalah mitos belaka. Tidak ada hasil penelitian yang berhasil membuktikannya, para dokter pun membantah mitos ini dan menganjurkan bumil untuk makan segala jenis makanan yang tinggi nutrisi.

Berikut beberapa mitos pantangan makan yang nyeleneh tapi masih banyak dipercaya.

1. Makan pedas bikin bayi botak

5 Mitos Ibu Hamil, salah satunya Makan Nanas bisa Keguguran5 Mitos Ibu Hamil, salah satunya Makan Nanas bisa Keguguran Foto: Getty Images/iStockphoto/LSOphoto


Rambut bayi dipengaruhi oleh gen dari orangtua. Lebat atau tipis serta karakter rambut bayi ditentukan oleh rambut orangtua yang kemudian diturunkan kepada anaknya.

Cabai, sambal dan makanan pedas kerap disalahkan ketika bayi lahir dengan rambut tipis. Padahal hal ini sama sekali tidak ada kaitannya.

Ibu hamil dianjurkan untuk membatasi asupan makanan pedas karena dikhawatirkan akan mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan diare. Jadi larangan makan pedas tidak berkaitan dengan kondisi rambut bayi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gemas Banget! 'Chef' Bayi Ini Lihai Masak di Dapur"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com