Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet Segarnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 10:30 WIB
Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet Segarnya Foto: iStock

3. Bawang Bombai Cincang

Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet SegarnyaCara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet Segarnya Foto: iStock

Sebelum dipakai untuk memasak biasanya bawang bombai dikupas, diiris tipis, dicincang kasar atau dicincang halus. Cara ini mempermudah saat akan digunakan untuk memasak. Karenanya banyak orang menyimpan bawang bombai iris dan cincang.

Tetapi perlu diingat, bawang bombai yang telah dikupas dan dicincang lebih lembap sehingga mudah terpapar oleh bakteri. Sebaiknya taruh dalam wadah berlubang-lubang dan untuk bawang bombai yang sudah diiris atau dibelah, balut dengan plastik tipis agar tahan disimpan sampai seminggu.

4. Bawang Bombai Matang

Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet SegarnyaCara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet Segarnya Foto: iStock

Walaupun sudah dimasak sebelumnya dan telah dalam kondisi matang, bawang bombai harus disimpan dengan tepat. Taruh bawang bombai matang dalam wadah kedap udara, 2 jam setelah dimasak dan simpan dalam lemari es.

Namun, perlu diingat bahwa bawang bombai yang telah matang yang disimpan akan mengalami perubahan rasa, aroma dan tekstur. Bawang bombai matang ini bisa bertahan selama 3-5 hari.

5. Memilih Bawang Bombai

Agar tahan disimpan lama saat membeli bawang bombai sebaiknya pilih bawang bombai yang berkulit mulus mengilap sebagai tanda bawang bombai kering benar. Jika kulitnya rusak atau sebagaian basah, bawang bombai akan mudah busuk.

Bawang bombai berkulit cokelat ada yang besar dan ada yang kecil. Keduanya sama aroma dan rasanya. Pilih bawang bombai ukuran sedang dan kecil jika tak terlalu sering dipakai. Supaya tiap kali tak perlu menyimpan sisanyanya atau habis untuk sekali masak.

Baca Juga: Cara Menyimpan Bawang Putih Awet ala Chef William Gozali, Tahan 6 Bulan!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Es Krim Gabus Pelangi "
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com