Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet Segarnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 10:30 WIB
Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet Segarnya Foto: iStock
Jakarta -

Bawang bombai bisa memberi aroma harum dan tekstur renyah masakan. Karenanya perlu disimpan dengan cara benar agar awet segarnya. Ikuti tips ini!

Bawang bombai merupakan jenis bawang besar dari keluarga bawang Allium. Bawang bulat besar beraroma tajam ini berasal dari Asia Tengah tetapi populer di Asia Timur dan Barat.

Bukan hanya yang berkulit cokelat, bawang bombai juga ada yang berkulit merah. Meski demikian bawang yang berkulit cokelat lebih populer di Indonesia. Lebih sering digunakan sebagai bumbu masakan barat atau India.

Bawang bombai beraroma tajam menyengat dan rasa manis ketika sudah dimasak. Bawang besar ini bisa tahan lama disimpan dan tetap segar asalkan disimpan dengan cara tepat dan benar.

Direkomendasikan oleh Insider (2/4), ada beberapa cara sederhana menyimpan bawang bombai yang segar atau yang sudah dimasak agar lebih tahan lama aroma dan rasanya.

Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet SegarnyaCara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet Segarnya Foto: iStock

1. Bawang Bombai Utuh

Bawang bombai dalam keadaan utuh dan belum dikupas lebih tahan disimpan lama. Namun, cara dan tempat menyimpannya juga perlu diperhatikan.

Sebaiknya, bawang bombai disimpan dalam ruangan gelap dan kering. Pastikan ruangan itu juga memiliki ventilasi yang baik. Suhu ruangan terbaik untuk menyimpan bawang bombai di antara 7-12 derajat celcius.

Bawang bombai juga perlu 'bernafas' karenanya jangan lupa keluarkan dari kantong plastik kemasannya. Cukup taruh di sudut dapur yang sejuk dan jangan disimpan dalam lemari es. Suhu rendah dan lembap dalam lemari es membuat bawang bombai lebih cepat membusuk.

Baca Juga: Begini Cara Benar Simpan Bawang Bombay Agar Tak Cepat Busuk

2. Bawang Bombai Kupas

Cara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet SegarnyaCara Memilih dan Menyimpan Bawang Bombai Agar Awet Segarnya Foto: iStock

Bawang bombai yang telah dikupas memang lebih praktis ketika akan digunakan. Sayangnya bawang bombai kupas tidak tahan disimpan lama karena tidak ada kulit yang jadi pelindung kesegarannya.

Chef Nguyen, seorang chef dari Vietnam menyarankan untuk menaruh bawang bombai kupas dalam wadah kedap udara dan simpan dalam lemari es. Bawang bombai yang sudah dikupas dapat terpapar bakteri dan mudah busuk.

Hindari menyimpan bawangbombai kupas ini di samping buah. Bawangbombai segar yang telah dikupas ini bisa bertahan selama 1-2 minggu jika disimpan dengan cara benar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Review Warung Korea Pop di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com