Ini Jenis Teh yang Enak untuk Dicampur Gula dan Susu

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 04 Apr 2021 05:45 WIB
jenis teh yang cocok dicampurkan gula dan susu Foto: iStock
Jakarta -

Teh ada beragam jenisnya, tak semuanya enak ketika dicampur gula dan susu. Lalu, jenis teh seperti apa yang cocok dicampurkan gula dan susu?

Teh merupakan minuman menyehatkan yang sudah umum diketahui. Ada beragam jenis teh yang populer, seperti teh hitam, teh hijau, teh putih, dan oolong. Ada juga jenis teh herbal yang terbuat dari rempah-rempahan dan tisane yang merupakan teh berbahan bunga.

Kini teh banyak dikreasikan dengan rasa yang manis. Tak hanya dicampurkan gula, tetapi juga susu. Namun, tak sembarang jenis teh enak dicampurkan gula ataupun susu.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Begini Aturan Minumnya

jenis teh yang cocok dicampurkan gula dan susujenis teh yang cocok dicampurkan gula dan susu Foto: iStock

Dilansir dari The Spruce Eats (20/1), jenis teh yang enak ketika dicampurkan gula dan susu biasanya memiliki warna dan rasa pekat. Sebut saja teh hitam yang populer di Taiwan. Karena, teh hitam adalah bahan utama untuk membuat milk tea atau bubble tea.

Teh earl grey juga memiliki warna yang pekat. Di Inggris, teh ini biasanya ditambahkan sedikit air lemon sebagai perasanya. Namun, di Amerika Serikat teh earl grey sangat umum dicampurkan dengan susu.

Ada juga jenis teh yang hanya cocok ditambahkan gula tanpa susu. Seperti gunpowder tea atau pearl tea. Teh yang populer di China ini terbuat dari daun teh yang digulung.

Teh hitam juga sangat cocok walau hanya ditambahka gula. Seperti racikan es teh bergaya Southern yang segar.

jenis teh yang cocok dicampurkan gula dan susujenis teh yang cocok dicampurkan gula dan susu Foto: iStock

Seperti halnya jenis teh hitam English Breakfast yang digemari orang Inggris untuk dicampur dengan susu dan gula. Sebaiknya gunakan susu segar dan gula bisa diganti madu untuk rasa legit yang enak.

Tetapi perlu diingat ada juga beberapa teh yang sebaiknya tidak dicampur gula dan susu. Karena, ditakutkan merusak rasa serta melunturkan khasiat kesehatannya.

Contohnya seperti teh putih, teh pu-erh, teh hijau, dan teh oolong. Ini karena jenis teh ini memiliki warna yang lebih terang dan rasanya sangat lembut. Teh ini lebih nikmat diminum tanpa tambahan apapun.

Baca Juga: Apa Ada Manfaatnya Menambahkan Susu ke Dalam Teh?



Simak Video "Pabrik Pengolahan Daun Teh Karanganyar"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com