Apa Ada Manfaatnya Menambahkan Susu ke Dalam Teh?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 09 Jan 2020 06:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang kini suka mencampurkan susu ke dalam teh. Padahal kebiasaan ini sudah lama dilakukan oleh warga Inggris dan jadi tradisi.

Teh dari tanaman Camelia Sinensis dikenal sebagai minuman populer di dunia. Dikenal dan dinikmati sejak berabad-abad silam. Ini karena orang percaya akan khasiat sehat teh.

Jenis teh hijau dan teh hitam dikenal akan kandungan flavonoids yang berlaku sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Seperti diketahui radikal bebas bisa memicu beragam penyakit serius seperti kanker.

Sementara teh hijau kaya akan kandungan flavonoids yang disebut cathechin. Teh hitam dikenal kaya akan kandungan theaflavins. Mengonsumsi teh hijau dan teh hitam secara rutin bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol darah yang sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian.



Susu juga sudah lama digolongkan sebagai minuman sehat yang kaya akan nutrisi. Seperti protein, kalsium, potassium yang sangat penting untuk kesehatan badan, pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Lalu, apakah protein dalam susu mempengaruhi kandungan zat dalam teh? Karena kedua bahan ini mengandung manfaat sehat maka jika digabungkan akan memberi manfaat sehat. Dikutip dari berbagai sumber, sebuah studi di China yang melibatkan 1.800 orang dewasa mendapati konsumsi teh dan susu terpisah bisa menurunkan risiko kanker oral.

Apa Ada Manfaatnya Menambahkan Susu ke Dalam Teh?Foto: iStock


Dilansir dari healthline (23/12) dan berbagai sumber beberapa studi menyebutkan protein pada susu bisa mempengaruhi penyerapan dan aktivitas antioksidan dalam teh. Dalam sebuah studi yang melibatkan 16 wanita, mereka diberi minum 500 ml ( 2 cangkir ) teh hitam tawar, aliran darahnya lancar dan jantung lebih sehat. Dibandingkan mereka yang hanya minum air putih. Sedangkan minum teh hitam dengan susu skim tidak memberi efek tersebut.

Peneliti menyimpulkan kasein, protein susu mengikat flavonoids dan menghalangi aktivitasnya dalam tubuh. Menariknya peneliti menyarankan untuk menyeduh teh lebih lama agar penyerapan antioksidan teh lebih baik, tanpa penambahan susu.

Apa Ada Manfaatnya Menambahkan Susu ke Dalam Teh?Foto: iStock


Berdasarkan perbedaan hasil studi, susu bisa mempengaruhi aktivitas antioksidan dalam teh. Tetapi tidak akan sama efeknya dengan teh yang sudah diseduh dalam waktu lama. Tentu saja riset lanjutan diperlukan untuk melihat efek penambahan susu pada teh hitam.

Sebagian besar riset memang hanya berfokus pada teh hitam. Hal ini mengingat kebiasaan minum teh hitam ditambah susu sejak lama menjadi tradisi minum teh orang Inggris yang dikenal sebagai Afternoon Tea. Konon hal ini karena mereka kurang suka rasa sepat dan pahit teh hitam.



Simak Video "Lapek Koci, Kuliner Khas Pariaman yang Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)