Orang dengan 9 Kondisi Kesehatan Ini Sebaiknya Tak Konsumsi Jahe Berlebihan

dfl - detikFood Rabu, 31 Mar 2021 06:00 WIB
Orang dengan 9 Kondisi Kesehatan Ini Sebaiknya Tak Konsumsi Jahe Berlebihan Foto: iStock
Jakarta -

Jahe dikenal sebagai rempah yang ampuh untuk mengatasi bermacam penyakit. Tetapi ada kondisi kesehatan tertentu yang dianjurkan untuk tidak konsumsi jahe berlebihan.

Jahe seringkali digunakan sebagai rempah yang digunakan untuk pengobatan tradisional. Sejak masa lampau, nenek moyang sudah secara turun menurun mengenalkan manfaat jahe yang digunakan untuk pengobatan alami.

Jahe memang memiliki kandungan dan khasiat untuk mengatasi beberapa penyakit. Misalnya perut kembung, flu hingga tenggorokan yang terasa sakit dan gatal.

Tetapi ternyata efek jahe bisa menjadi berbahaya jika dikonsumsi pada beberapa kondisi kesehatan tertentu. Bukan mengatasi, justru jahe bisa membuat beberapa penyakit lebih parah.

Berikut ini 9 kondisi kesehatan yang sebaiknya tak konsumsi jahe berlebihan menurut Boldsky (27/3) :

Orang dengan 9 Kondisi Kesehatan Ini Sebaiknya Tak Konsumsi Jahe BerlebihanOrang dengan 9 Kondisi Kesehatan Ini Sebaiknya Tak Konsumsi Jahe Berlebihan Foto: iStock

1. Hamil

Jahe sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi gejala hidung tersumbat dan mual saat masa kehamilan. Tetapi, jumlah konsumsi jahe yang terlalu banyak akan memberikan efek buruk yang berbahaya bagi ibu hamil.

Jahe memiliki sifat sebagai stimulan alami yang mungkin akan merujuk pada dampak kontraksi prematur. Selain itu, konsumsi jahe dalam jumlah banyak harus diwaspadai juga terutama pada kehamilan yang mendekati kelahiran karena bisa berdampak pada pendarahan.

2. Berat badan kurang

Jahe menjadi salah satu bahan makanan yang sangat dianjurkan untuk mengurangi berat badan. Jahe memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan.

Konsumsi jahe juga dapat menyebabkan pembakaran kalori yang cukup tinggi dan membuat seseorang makan dalam jumlah sedikit. Ini akan berbahaya bagi orang yang memiliki berat badan di bawah normal karena akan membuat berat badan semakin turun.

3. Kelainan darah

Orang dengan 9 Kondisi Kesehatan Ini Sebaiknya Tak Konsumsi Jahe BerlebihanOrang dengan 9 Kondisi Kesehatan Ini Sebaiknya Tak Konsumsi Jahe Berlebihan Foto: iStock

Selain itu, kandungan pada jahe juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan alirannya pada organ-organ tubuh. Tetapi kondisi ini akan berdampak buruk pada penyintas hemofilia yang bisa menyebabkan perdarahan.

Jahe mengandung kandungan garam yang bernama salisilat. Kandungan ini memiliki manfaat untuk meredakan rasa sakit terutama pada penyintas osteoartritis.

Baca juga: 8 Manfaat Jahe Merah untuk Menjaga Kesehatan Selama Pandemi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hangat dan Nikmat! Tak Heran Kembang Tahu di Sini Viral"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com