Makan Sayuran Hijau Tiap Hari Untuk Tulang Kuat dan Panjang Umur

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 31 Mar 2021 07:00 WIB
Makan Sayuran Hijau Tiap Hari Untuk Tulang Kuat dan Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sayuran hijau diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika disantap setiap hari tulang lebih sehat dan umur lebih panjang.

Asupan sayur sama pentingnya dengan protein dari daging dan serat dari buah. Jenis sayuran yang beragam terkadang membuat orang bingung untuk memilihnya.

Tapi lewat penelitian terbaru dari Australia's Edith Cowan University (ECU), para peneliti menemukan pentingnya konsumsi sayuran hijau setiap hari. Meskipun porsinya tidak terlalu banyak.

Jenis sayuran hijau sendiri cukup banyak. Ada bayam, kale, selada, pakcoy, brokoli, sawi, kangkung, hingga asparagus.

Dilansir dari The Beet (30/03), berikut manfaat sehat dari rutin konsumsi sayuran hijau setiap hari.

Baca Juga: 12 Sayuran yang Bantu Mempercepat Penurunan Berat Badan


1. Studi Terbaru Sayuran Hijau

Makan Sayuran Hijau Tiap Hari Untuk Tulang Kuat dan Panjang UmurMakan Sayuran Hijau Tiap Hari Untuk Tulang Kuat dan Panjang Umur Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut studi dari ECU yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang menyantap sayuran hijau satu cup sayuran hijau (100 gram) setiap harinya, memiliki fungsi otot yang lebih kuat.

Beberapa sayuran hijau yang baik dikonsumsi seperti bayam, kale, selada sampai bayam berkaitan dengan meningkatnya performa otot pada tubuh. Terutama jika dikonsumsi tiap hari.

"Orang-orang yang rajin makan sayuran hijau berjalan lebih cepat, dibandingkan mereka yang jarang makan sayuran hijau," ungkap penelitian tersebut.


2. Meningkatkan Fungsi Otot

blank white t-shirt on muscle man muscle man Foto: Stock

"Lewat studi ini, kami menemukan bahwa orang-orang yang memakan sayuran tinggi akan nitrat memiliki tingkat kekuatan otot yang optimal," jelas Dokter Marc Sim, selaku ketua peneliti dari ECU.

Tentunya para peneliti menyarankan agar pola makan dengan sayuran hijau ini, diimbangi dengan gaya hidup sehat. Seperti rajin berolahraga, termasuk olahraga angkat beban bagi mereka yang ingin membentut otot.

Selain baik untuk kekuatan otot. Sayuran hijau juga bisa mencegah beberapa penyakit lainnya seperti diabetes hingga menjaga kesehatan tulang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com