12 Sayuran yang Bantu Mempercepat Penurunan Berat Badan

Tim Detikfood - detikFood Senin, 11 Jan 2021 07:30 WIB
sayuran hijau yang paling sehat Foto: iStock
Jakarta -

Sayuran mengandung banyak nutrisi yang cocok untuk program diet. Sayuran sangat rendah kalori dan karbohidrat serta kaya serat yang bisa turunkan berat badan.

Sayuran terutama sayuran hijau juga sangat tinggi vitamin, antioksidan, mineral, dan kalsium, yang tak hanya bagus untuk diet,tapijuga mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan.

Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian terhadap sekelompok wanita obesitas dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) yang meningkatkan asupan sayur dan buah selama satu tahun.

Hasilnya, mereka sukses menurunkan berat badan secara signifikan sekaligus mampu mengendalikan rasa lapar.

Simak 12 sayuran yang baik dikonsumsi saat diet yang bisa kamu konsumsi untuk penurunan berat badan.

1. Bayam

Bayam adalah sayuran rendah kalori yang cukup bermanfaat untuk untuk menurunkan berat badan. Sayuran hijau ini merupakan sumber serat makanan sangat baik, yang meningkatkan rasa kenyang dan menyehatkan saluran pencernaan.

Kandungan kalium pada bayam juga dapat mengatasi perut kembung.

Pakar diabetes asal Toronto Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc juga menyebut bayam bagus untuk menurunkan berat badan, menjaga kebugaran tubuh, serta memelihara kesehatan secara umum.

"Bayam sangat rendah kalori namun memiliki segudang nutrisi dan dapat diolah dalam semua jenis resep," kata Devje, mengutip FoodNetwork.

Bayam bisa dimakan mentah maupun diolah menjadi makanan. Anda bisa menikmati bayam dengan dikukus, dimasak menjadi sayur bening, tumis, salad sayur, campuran telur dadar atau omelete, dan jus atau smoothie.

brokoli awet muda12 sayuran penurun berat badan. Foto: GettyImages

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran dengan kandungan karbohidrat yang baik yang dapat melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, menjaga kestabilan gula darah, dan menahan makan berlebihan.

Brokoli adalah pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan karena sangat rendah kalori. Selain itu, brokoli juga mengandung serat dan mikronutrien lainnya yang mendukung penurunan berat badan, sedangkan fitokimia dalam brokoli berpotensi untuk memecah lemak.

Selain itu brokoli juga mengandung protein, sehingga cocok untuk vegetarian yang sebaliknya tidak mampu memenuhi kebutuhan proteinnya.

Apa saja 10 jenis sayuran lain yang bisa mempercepat penurunan berat badan? Baca DI SINI !



Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com