ADVERTISEMENT

Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 27 Mar 2021 13:00 WIB
Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya
Foto: TikTok @skepan

Turun sekitar 8 kg dalam sebulan

Dalam satu bulan, Stefan mengatakan Antony sudah turun berat badan sekitar 8 kg. Ia memilih dengan tepat treatment olahraga untuk temannya ini.

"Karena dia lututnya bermasalah, jadi saya harus cari ide gerakan-gerakan apa saja yang bisa dia lakukan dan aman. Jadi lebih fokus ke latihan upper body dulu supaya terhindar dari cedera," tuturnya.

Untuk pola olahraganya, Stefan mengajak Antony latihan 3 kali seminggu di gym. "15 menit pertama stretching dan jalan kaki di treadmill. Lalu 45 menit selanjutnya kita latihan angkat beban menggunakan metode HIIT (High Intensity Interval Training). Setelah itu jalan kaki lagi di treadmill untuk penutupan selama 15 menit," jelasnya.

Baca Juga: Diet Melly Goeslaw Makin Sukses, Ukuran Jeans dari XXL ke M

Pola makan Antony

Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini ProsesnyaViral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya Foto: TikTok @skepan

Untuk pola makannya, Stefan memberikan makanan sehat untuk Antony. Ia menyediakan dua boks makanan setiap hari. "Porsi makan dia tetap banyak dan makanan dia bergizi. Banyak tuh dalam artian bisa buat dia kenyang," jelas Stefan.

Total kalori dari dua boks makanan itu bisa sampai 1.400 kkal. Stefan bercerita, "Nah sisanya terserah dia mau makan apa, pokoknya harus defisit minimal 500 kalori seharinya. Kebutuhan kalori dia setiap harinya di angka sekitar 3.000 kkal."

Stefan menimbang nasi untuk Antony, maksimal 300 gram dalam sehari. Proteinnya diberi banyak sekitar 100 gram. "Dan yang pasti makanannya rendah lemak. Nggak ada yang saya goreng makanannya," lanjut Stefan.

Sisanya, ia menyarankan Antony untuk makan banyak sayuran untuk memenuhi kebutuhan seratnya. "Terus saya suruh dia makan buah lagi di rumah," tambahnya.

Biasanya untuk menu tinggi protein yang ia berikan adalah dada ayam. Menunya bisa berupa chicken steak, lalu sumber karbohidratnya berupa mashed potato dan ditambah sayur.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT