Jam Makan Diet, Sarapan Sebelum Pukul 9 untuk Dapatkan Manfaat Tambahan Ini

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 27 Mar 2021 08:00 WIB
Jam Makan Diet, Sarapan Sebelum Pukul 9 untuk Dapatkan Manfaat Tambahan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Elena Belova
Jakarta -

Jam makan diet perlu diperhatikan kalau berat badan mau susut lebih cepat. Untuk sarapan sebaiknya di bawah pukul 9 agar kamu juga bisa mendapat manfaat ini.

Tanpa disadari, melewatkan sarapan sama saja seperti melewatkan banyak manfaat kesehatan yang akan didapatkan. Bahkan sarapan sebelum jam 9 pagi dikatakan para ahli dapat kurangi risiko diabetes. Simak juga resep sarapan praktis berikut ini.

Sarapan menjadi waktu penting bagi tubuh menerima bahan bakar untuk memproduksi energi di awal hari. Aktivitas yang terlalu padat membuat banyak orang seringkali melewatkan sarapan dengan alasan waktu yang tidak cukup.

Ternyata dengan melewatkan sarapan, kamu juga akan melewatkan berbagai manfaat yang bisa didapatkan saat sarapan. Mulai dari metabolisme yang sehat hingga pencegahan penyakit yang berbahaya.

Rutin sarapan di pagi hari bahkan juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mengendalikannya, asal perhatikan jam makan diet yang tepat. Setidaknya sebutir telur rebus akan cukup untuk memberikan nutrisi bagi tubuh.

Jam Makan Diet, Sarapan Sebelum Pukul 9 untuk Dapatkan Manfaat Tambahan IniJam Makan Diet, Sarapan Sebelum Pukul 9 untuk Dapatkan Manfaat Tambahan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Elena Belova

Baca Juga: Jam Makan Diet Agar BB Turun 4,5 Kg Seminggu, Coba Diet 8 Jam Ini

Dilansir melalui Food NDTV (24/3), beberapa penelitian bahkan telah membuktikan bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit berat, salah satunya diabetes yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebuah penelitian baru juga menunjukkan bahwa sarapan yang lebih awal ampuh untuk menurunkan kadar gula darah.

Pada pertemuan tahunan Endocrine Society bahkan dipaparkan juga bahwa orang-orang yang sarapan di bawah pukul 9 pagi memiliki risiko resisten insulin yang lebih rendah. Dalam penelitian, 10.575 partisipan dewasa dibagi menjadi 3 grup. Hasilnya partisipan yang sarapan sekitar pukul 8.30 memiliki resisten insulin yang lebih rendah.

"Penemuan ini menyatakan bahwa waktu makan memiliki asosiasi yang kuat dengan pertimbangan metabolisme dibandingkan durasi makan," kata Marriam Ali selaku pemimpin penelitian dari Northwestern University Chicago.

Ada beberapa ide sarapan mudah, sederhana, dan bernutrisi yang cocok untuk dikonsumsi. Berikut ini ada 2 menu sarapan yang menjadi rekomendasi detikFood untuk sarapan yang mudah dibuat:

omeletJam Makan Diet, Sarapan Sebelum Pukul 9 untuk Dapatkan Manfaat Tambahan Ini Foto: shutterstock

1. Omelette

Olahan telur menjadi olahan yang paling cepat dan mudah untuk dibuat. Telur bisa diolah menjadi banyak ragam hidangan dengan nutrisi yang cukup padat dan memenuhi kebutuhan tubuh di pagi hari. Rekomendasi resep olahan telur bisa dilihat di sini.

2. Sandwich

Sandwich atau roti lapis bisa menjadi pilihan untuk selingan menu sarapan. Menu ini juga cukup mudah dan cepat untuk dibuat di pagi hari. Jika ingin ide resep roti lapis, kamu bisa melihat rekomendasinya di sini.

Baca juga: Jam Makan Diet agar Berat Badan Turun Secara Efektif



Simak Video "Pahami Diet dengan Benar Biar Pintar"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com