Stop Makan Pisang Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 26 Mar 2021 07:00 WIB
Stop Makan Pisang Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/wmaster890
Jakarta -

Pisang jadi buah favorit untuk sarapan karena enak dan praktis dimakan, namun hindari mengonsumsi pisang saat perut kosong. Ini bahayanya.

Pisang menjadi buah yang banyak dipilih untuk sarapan atau sebagai camilan yang cepat dan mengenyangkan. Tetapi ternyata pisang tidak boleh dikonsumsi saat perut sedang kosong. Simak penjelasan dari ahli berikut ini.

Pisang merupakan buah kaya magnesium, potasium dan tinggi gula yang dapat membantu memproduksi energi secara instan. Pisang juga banyak dikonsumsi terutama ketika aktivitas sedang padat dan dijadikan bekal di dalam tas.

Nutrisi alami yang dimiliki pisang ini sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan, tetapi banyak orang masih keliru dalam mengonsumsinya. Salah satunya makan pisang saat perut sedang kosong.

Stop Makan Pisang Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya Kata AhliStop Makan Pisang Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/wmaster890

Mungkin fakta ini akan cukup mengejutkan. Pasalnya selama ini pisang sering dipilih sebagai menu sarapan yang praktis dan bernutrisi.

Baca Juga: Ngeri! Kisah Orang yang Lumpuh Setelah Makan Pisang hingga Boba

Dilansir melalui Times of India (22/3), ahli kesehatan ternyata tidak menganjurkan makan pisang dalam keadaan perut kosong dan tanpa tambahan lainnya. Ini ternyata akan cukup memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Pisang memang memiliki vitamin, nutrisi dan mineral yang sangat baik. Selama ini pisang juga telah menjadi sahabat bagi penggemar fitness dan mereka yang tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan makanan.

Kandungan serat, potasium, magnesium dan nutrisi lainnya yang begitu padat membuat pisang memiliki kemampuan untuk memperkuat otot dan imunitas. Selain itu, pisang juga diperkaya dengan zat besi, vitamin B, dan vitamin B6 yang menambahkan kelengkapan nutrisi yang semakin padat.

Rasa pisang yang manis juga membuat pisang dapat meningkatkan energi secara instan untuk tubuh. Kandungan gula alami yang membuat pisang memiliki rasa manis ini ternyata cukup riskan untuk penyintas diabetes.

Stop Makan Pisang Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya Kata AhliStop Makan Pisang Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/wmaster890

Saat meningkatkan produksi energi secara instan, otomatis kadar gula dalam darah juga akan meningkat secara mendadak. Ini sangat berbahaya bagi penyintas diabetes yang tidak memiliki pengelolaan kadar gula darah yang baik dalam tubuhnya.

Selain itu, peningkatan energi yang terlalu instan juga cenderung akan cepat hilang. Inilah yang kemudian membuat ahli untuk menyarankan mengonsumsi pisang dengan tambahan bahan makanan lainnya. Misalny oat, buah-buahan, kacang-kacangan dan sebagainya.

Alasan lain para ahli mengatakan bahwa pisang cukup berbahaya jika dikonsumsi saat perut kosong adalah kandungan magnesium yang begitu tinggi. Konsumsi makanan dengan tinggi magnesium di pagi hari atau saat perut kosong dapat mempengaruhi metabolisme dan menciptakan ketidakseimbangan pada pencernaan.

Bahkan, pada beberapa kasus yang lebih parah, mengonsumsi pisang saat perut kosong juga bisa memberikan efek negatif pada kesehatan jantung. Makan pisang sebaiknya dipadukan dengan oatmeal, apel, buah-buahan kering atau kacang-kacangan serta sereal untuk memaksimalkan manfaatnya.

Baca Juga: Rajin Konsumsi Pisang, Bikin Tulang Kuat dan Pencernaan Lancar

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com