Catat! 12 Orang dengan Kondisi Ini Sebaiknya Tidak Minum Kopi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Mar 2021 05:00 WIB
Catat! 12 Orang dengan Kondisi Ini Sebaiknya Tidak Minum Kopi Foto: Getty Images/pitchwayz
Jakarta -

Di balik rasanya yang nikmat, beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu disarankan tidak minum kopi. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

Banyak orang mengandalkan asupan kopi untuk membuat mereka lebih berenergi dan mudah fokus. Minum kopi juga terbukti memiliki banyak manfaat sehat.

Misalnya mengurangi risiko kanker prostat pada pria, meningkatkan fungsi otak, hingga membantu usaha penurunan berat badan. Namun ternyata kopi tak cocok dikonsumsi semua orang.

Beberapa orang dengan kondisi tertentu disarankan tidak minum kopi karena bisa memperburuk kondisi kesehatan mereka. Mulai dari penderita gangguan jantung hingga ibu menyusui.

Berikut daftar 12 orang yang disarankan sebaiknya tidak minum kopi, seperti dikutip dari Eat This, Not That! (24/3):

1. Penderita sindrom iritasi usus besar

Penderita Irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar disarankan tidak minum kopi karena bisa meningkatkan pergerakan usus yang pada akhirnya memperbesar risiko diare. Hal ini disampaikan ahli gizi Angel Planells.

"Jika kamu mengalami IBS, lebih baik batasi atau hindari sama sekali minuman berkafein, termasuk kopi," tuturnya.

2. Penderita glaukoma

Catat! 12 Orang dengan Kondisi Ini Sebaiknya Tidak Minum KopiCatat! 12 Orang dengan Kondisi Ini Sebaiknya Tidak Minum Kopi Foto: Getty Images/pitchwayz

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata. Para pasien glaukoma sebaiknya tidak minum kopi karena dikhawatirkan tekanan intraokular ikut meningkat setelah minum kopi.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian terbaru, meski masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kejelasannya.

3. Orang yang beser

Orang yang sebaiknya tidak minum kopi selanjutnya adalah mereka yang beser atau sering buang air kecil. "Asupan kafein meningkatkan frekuensi buang air kecil dan urgensinya," kata ahli gizi Sue Heikkinen.

Terlebih jika mereka memang tidak biasa minum kopi. Efek keinginan buang air kecil akan semakin kuat setelah mereka meminumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com