7 Langkah Mudah Bikin Kopi Rumahan Seenak Buatan Kafe

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Mar 2021 08:00 WIB
7 Langkah Mudah Bikin Kopi Rumahan Seenak Buatan Kafe Foto: Getty Images/georgeclerk
Jakarta -

Minum kopi di rumah bisa seenak buatan kafe dengan beberapa langkah mudah ini. Keuntungannya juga bikin hemat lho!

Untuk para penggemar kopi, minum kopi di kafe memang menjadi kegiatan paling favorit. Tetapi ini bukan pilihan yang tepat untuk dilakukan setiap hari.

Selain karena alasan penggunaan bahan yang tidak bisa diketahui dengan pasti, minum kopi setiap hari di kafe juga bisa berdampak buruk pada keuangan. Bukan rahasia lagi kalau harga minuman kopi di kafe tergolong mahal.

Ternyata ada cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kopi rumahan seenak seperti buatan di kafe. Berikut 7 langkah mudah yang bisa kamu coba, seperti dirangkum melalui Insider (27/2):

1. Bersihkan Coffee Maker Secara Rutin

7 Langkah Mudah Bikin Kopi Rumahan Seenak Buatan Kafe7 Langkah Mudah Bikin Kopi Rumahan Seenak Buatan Kafe Foto: Getty Images/georgeclerk

Kunci utama dalam menghasilkan kopi berkualitas adalah membersihkan mesin pembuat kopi secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada rasa dan aroma yang tertinggal dari seduhan kopi sebelumnya.

Terutama, pastikan bagian filter, pastikan benar-benar bersih dari kontaminasi kopi yang sebelumnya. Caranya adalah bersihkan mesin kopi dengan campuran baking soda dan cuka, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Coba Teknik Manual Brew

Menyeduh kopi dengan coffee maker yang lebih mudah memang tidak ada salahnya, tetapi kamu bisa meningkatkan kualitas rasa kopimu dengan mencoba teknik manual brew.

Beberapa penyaring manual brew cukup mudah untuk digunakan oleh pemula. Misalnya moka pot, french press atau vietnam dripper.

Baca Juga: 6 Cara Menyeduh Kopi Paling Enak di Rumah Menurut Barista

Simak juga 'Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com