6 Jenis Eating Disorder yang Dikomentari Deddy Corbuzier dan Luna Maya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 14:00 WIB
6 Jenis Eating Disorder yang Dikomentari Deddy Corbuzier dan Luna Maya Foto: Getty Images/iStockphoto/doram

3. Bulimia nervosa

6 Jenis Eating Disorder yang Dikomentari Deddy Corbuzier dan Luna Maya6 Jenis Eating Disorder yang Dikomentari Deddy Corbuzier dan Luna Maya Foto: Getty Images/iStockphoto/doram

Jenis eating disorder selanjutnya adalah bulimia nervosa. Penderitanya akan sering makan banyak dalam periode waktu singkat. Kemudian ketika makan, mereka merasa tidak bisa berhenti makan atau tidak bisa mengontrol seberapa banyak makanan yang sudah dilahap.

Setelah itu, penderita bulimia nervosa akan menyingkirkan makanan yang sudah masuk. Caranya bisa dengan memuntahkan makanan atau minum obat pencahar.

Penderita jenis eating disorder ini biasanya akan merasa sangat takut berat badannya naik, padahal memiliki berat badan normal. Akibatnya mereka mungkin mengalami dehidrasi parah, gangguan hormonal, hingga iritasi pada saluran pencernaan.

4. Binge eating disorder

Jenis eating disorder ini disebut-sebut sebagai yang paling umum dialami di Amerika Serikat. Penderitanya memiliki gejala mirip bulimia dan anorexia.

Intinya, penderita binge eating disorder akan sering makan banyak dalam waktu singkat. Namun tak seperti bulimia dan anorexia, penderitanya tidak akan mengeluarkan atau memuntahkan makanan tersebut.

Akibatnya penderita binge eating disorder memiliki risiko besar kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas. Hal ini bisa memicu masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

5. Pica

6 Jenis Eating Disorder yang Dikomentari Deddy Corbuzier dan Luna Maya6 Jenis Eating Disorder yang Dikomentari Deddy Corbuzier dan Luna Maya Foto: Getty Images/iStockphoto/doram

Pica adalah jenis eating disorder yang dialami beberapa orang di dunia. Penderita pica akan mendambakan benda nonmakanan untuk dikonsumsi.

Misalnya tanah, kotoran, kapur, sabun batangan, kertas, rambut, hingga bubuk deterjen. Pica bisa dialami anak-anak, ibu hamil, hingga mereka yang alami gangguan mental.

Mereka yang alami pica berisiko alami keracunan, infeksi, nyeri usus, dan kekurangan gizi. Pada beberapa kasus, pica juga bisa sebabkan kematian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com