Manfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik Daun

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 06:00 WIB
Manfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik Daun Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk
Jakarta -

Pola makan berbasis nabati kian diminati banyak orang. Salah satu bahan makanan yang laris dibeli adalah oat milk. Apa manfaat oat milk untuk kesehatan?

Gaya hidup sehat juga mencakup pilihan makanan. Banyak orang kini mengurangi konsumsi produk hewani dan beralih konsumsi produk nabati seperti yang dilakukan oleh vegan dan vegetarian.

Tren vegan dan vegetarian yang ternyata semakin meningkat ini dibarengi kemunculan banyak makanan nabati berkualitas. Salah satunya oat milk atau susu gandum yang sedang digandrungi.

Bahkan banyak kafe-kafe sekarang menyediakan produk oat milk untuk menyesuaikan permintaan pasar. Tetapi benarkah oat milk lebih sehat dibanding susu sapi? Apa saja manfaat oat milk untuk kesehatan?

Manfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik DaunManfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik Daun Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Dilansir melalui Shape (24/2), oat milk mengandung serat tak larut yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam darah. Oat milk juga memiliki serat yang lebih tinggi dibanding susu sapi.

Baca juga: Susu Gandum Kian Digemari Karena Punya 5 Hal Ini

Secangkir oat milk bahkan dikatakan mengandung :

120 Kalori
5 gram Lemak total
0,5 gram Lemak jenuh
2 gram Serat
3 gram Protein
16 gram Karbohidrat, dan
7 gram Gula

Manfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik DaunManfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik Daun Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

"Oat milk mengandung 35% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk kalsium serta 25% kebutuhan vitamin D," kata ahli gizi Keri Gans.

Kandungan gula yang hanya 7 gram ini membuat oat milk menjadi susu yang rendah gula jika dibandingkan dengan susu sapi pada umumnya yang mengandung 12,5 gram gula. Tetapi jika dibandingkan dengan susu almond atau kacang mede, oat milk jauh lebih manis.

Oat milk yang mengandung serat larut ini juga diketahui sebagai beta-glucan yang baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, beta-glucan juga diketahui dapat membantu memperlambat pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan menekan nafsu makan.

Manfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik DaunManfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik Daun Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Oat milk juga bisa menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki alergi terhadap laktosa. Setidaknya ini akan memberikan pilihan lain bagi orang-orang yang tidak dapat mengonsumsi susu hewani.

Selain untuk diminum secara langsung, oat milk juga bisa digunakan sebagai bahan untuk memasak ataupun membuat kue. Oat milk sekarang juga cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual oat milk di market place maupun toko offline. Oat milk biasanya dijual dalam kemasan botol per liter pada kisaran harga Rp 65 ribu - Rp 115 ribu.

Baca Juga: Selain Diseduh dengan Susu, Ini 5 Cara Meracik Oatmeal yang Enak!

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com