Selain Diseduh dengan Susu, Ini 5 Cara Meracik Oatmeal yang Enak!

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Selasa, 19 Des 2017 10:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menyantap oatmeal di pagi hari memang jadi pilihan yang tepat. Untuk cegah kebosanan, Anda bisa meracik oatmeal menjadi minuman hingga makanan enak. Mau coba?

Oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut Anda terasa kenyang hingga siang hari. Jika dibandingkan dengan sayur bayam, oat lebih tinggi serat larutnya yang mencapai 8 gram per satu cangkirnya. Sedangkan bayam hanya mengandung 5 gram serat per cangkirnya.

Baca juga: Lancarkan Pencernaan dan Sehatkan Jantung dengan Rajin Makan Oatmeal

Karena manfaat kesehatannya, banyak orang yang konsumsi oatmeal untuk sarapan. Namun ketika oatmeal diseduh dengan air hangat atau susu, ini akan membosankan. Dikutip dalam Shape (08/12) berikut ini beberapa racikan oatmeal yang bisa Anda coba untuk mencegah kebosanan.

1. Overnight oat

Saat tak sempat sarapan, oatmeal sering kali jadi pilihan banyak orang. Cukup mencampurkannya dengan jumlah susu yang Anda inginkan dan Anda bisa langsung menyantapnya. Tambahkan irisan buah ke dalam mangkuk oat Anda, maka sarapan pagi Anda lebih kaya akan serat dan lebih lezat tentunya.

Akan tetapi, jika ingin menyiapkan di malam hari. Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan susu kemudian tempatkan dalam wadah tertutup dan diamkan semalaman lemari es. Pagi hari Anda bisa langsung menyantapnya.

Selain Diseduh dengan Susu, Ini 5 Cara Meracik Oatmeal yang Enak!Oatmeal dengan paduan susu dan buah-buahan. Foto: iStock

2. Remahan oatmeal

Anda bisa mengganti tepung roti dengan oatmeal. Remah roti cenderung tinggi sodium, jadi oat adalah ide yang lebih baik untuk menggantinya. Jadi, potongan daging ayam bisa dicelupkan ke dalam telur dan dibalut dengan oatmeal. Selain digoreng, Anda dapat meracik daging ayam dengan oatmeal dengan cara dipanggang untuk meminimalkan kandungan lemak dari minyak.

3. Breakfast oat bar

Untuk vegan Anda dapat membuat camilan bebas gluten dengan cara campurkan sirup maple, kacang mentega dan kurma. Tambahkan rasa manis dengan gula kelapa dan tambahkan topping seperti buah kering, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Anda juga bisa membuatnya dalam jumlah yang banyak dan di simpan dalam wadah. Namun, jangan terlalu konsumsi berlebihan, karena camilan ini juga mengandung gula.

Selain Diseduh dengan Susu, Ini 5 Cara Meracik Oatmeal yang Enak!Pancake dengan paduan oatmeal. Foto: iStock

4. Pancake

Pancake dijadikan pilihan makanan untuk akhir pekan. Resep pancake pisang sederhana ini bisa menjadi salah satunya, caranya campurkan secangkir oat, satu sendok teh baking powder, sebutir telur, pisang dengan ukuran besar dan sedikit susu cair dalam mangkuk. Aduk hingga rata.

Tambahkan adonan ke dalam wadah dan balikan pancake hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Anda bisa menambahkan madu sebagai rasa manisnya.

Selain Diseduh dengan Susu, Ini 5 Cara Meracik Oatmeal yang Enak!Smoothies yang enak juga bisa dipadu dengan oatmeal. Foto: iStock

5. Smoothie

Tambahkan oatmeal ke dalam smoothie Anda untuk camilan yang enak dan lezat. Smoothie oatmeal menjadi sumber karbohidrat yang baik dengan jumlah 47 gram dalam satu cangkir. Oat juga menjadi dorongan energi yang besar.

Untuk membuat smoothie yang lezat, padukan bahan-bahan ini, segenggam es, setengah cangkir oatmeal, satu pisang beku, dan segenggam buah beri. Paduannya sempurna sebagai camilan sebelum olahraga dan memberi Anda energi saat berolahraga.

Baca juga: Dokter Lulusan Harvard Ini Ungkap 3 Bahan Sehat untuk Sarapan Berenergi (lus/lus)