Lancarkan Pencernaan dan Sehatkan Jantung dengan Rajin Makan Oatmeal

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Senin, 30 Okt 2017 10:16 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Suka oatmeal? Sajian sarapan ini enak dinikmati bersama dengan susu, pisang hingga berry. Selain tinggi serat, oatmeal ternyata juga bisa turunkan kolesterol.

Saat tak sempat sarapan, oatmeal sering kali jadi pilihan banyak orang. Oatmeal merupakan sumber vitamin B, mineral, dan serat larut yang baik. Oat adalah biji-bijian utuh, yang berarti belum dilepaskan bagian kulit arinya sehingga lebih bergizi. Dikutip dalam The Kitchn (15/10), ini ada beberapa manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi oatmeal.

Baca juga: Dibanding Sereal, Sarapan Oatmeal Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

1. Sumber vitamin dan serat

Metode pengolahan yang berbeda akan mempengaruhi waktu memasak dan tekstur oatmeal. Namun tidak akan merusak nutrisi dan gandum itu sendiri. Jadi apapun metode Anda gunakan dalam pengolahannya, gandum tetap menjadi sumber vitamin B, mineral, dan juga serat larut yang baik.

Lancarkan Pencernaan dan Sehatkan Jantung dengan Rajin Makan OatmealOatmeal juga enak dipadu dengan susu dan buah agar lebih menyehatkan. Foto: iStock

2. Membuat Anda kenyang lebih lama

Selain itu, oat juga bisa memperlambat pencernaan dan memberi asupan bagi bakteri baik di usus Anda. Serat larut, khususnya beta-glukan merupakan kandungan yang ada pada oat untuk memberikan manfaat keseharan. Saat melewati sistem pencernaan, ia akan berubah menjadi gel sehingga akan lambat dicerna. Hal inilah yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dan oat juga mengandung prebiotik yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

3. Menurunkan kolesterol

Ada juga manfaat lain dari oat yaitu dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL (Low-density lipoprotein). Namun, manfaat yang paling signifikan untuk menurunkan kolesterol adalah beta glukan. Beta glukan juga dapat membantu turunkan risiko jantung.

Sebenarnya, dukungan ilmiah terkait dengan efek penurunan kolesterol dan beta glukan cukup meluas. FDA memungkinkan produsen makanan membuat klaim kesehatan pada kemasan makanan seperti oatmeal. Misalnya kemasan dari Quaker Oats yang menuliskan sebagian dari serat larut dalam oatmeal dapat mengurangi kolesterol jahat.

Oatmeal juga bisa dipadu dengan smoothies.Oatmeal juga bisa dipadu dengan smoothies. Foto: iStock

4. Porsi

Para ahli memiliki beberapa panduan tentang berapa banyak oatmeal yang harus Anda makan untuk mengurangi kolesterol. Tiga gram beta-glukan dan gandum adalah jumlah yang telah ditunjukkan untuk mengurangi kadar kolesterol darah Anda.

Menurut Today's Deititian, Anda bisa menemukan jumlah itu dalam satu setengah ons oatmeal yang dimasak, atau tiga paket havermut instan. Jadi, kalau bosan dengan nasi atau sandwich, oatmeal bisa jadi pilihan tepat untuk sarapan sehat.

Baca juga: Tanpa Susu, Pisang dan Selai Kacang Bisa Bikin Oatmeal Lebih Enak (lus/odi)