Cara Menurunkan Berat Badan, Coba Trik 30 Detik yang Gampang Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Mar 2021 10:00 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan, Coba Trik 30 Detik yang Gampang Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/max-kegfire
Jakarta -

Ada banyak tips dan cara menurunkan berat badan yang diungkap pakar kesehatan, termasuk trik 30 detik yang mudah ini. Apa kamu sudah tahu atau pernah mencobanya?

Penurunan berat badan yang sehat memang tidak bisa dicapai dalam waktu singkat, namun ada beberapa trik menurunkan berat badan yang tak butuh waktu lama untuk dilakukan.

Trik ini bahkan disebut memiliki efek jangka panjang yang signifikan. Namanya trik 30 detik yang diperkenalkan ahli gizi.

Dikutip dari Eat This, Not That (15/3), pelaku diet diminta untuk bernapas dan berada dalam kondisi 'sadar' selama 30 detik. Ahli gizi merekomendasikan agar trik 30 detik ini dilakukan rutin.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah saya benar-benar lapar?

Cara Menurunkan Berat Badan, Coba Trik 30 Detik yang Gampang IniCara Menurunkan Berat Badan, Coba Trik 30 Detik yang Gampang Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/max-kegfire

"Setiap beberapa jam sepanjang hari, luangkan waktu 30 detik untuk mengecek rasa lapar dan kenyang tubuh sendiri," kata ahli gizi Mackenzei Burgess. Ia sering menyarankan trik ini untuk pasiennya.

"Saya sering mengatakan pada mereka untuk membuat skala 1-10 dalam menilai rasa lapar. Satu untuk nilai sangat lapar dan 10 sangat kenyang. Cobalah untuk selalu berada pada kondisi di tengah skala ini. Hal ini membantu Anda menghindari kelebihan asupan kalori dan peregangan panjang tanpa makanan," tuturnya.

Burgess mengatakan, "Sebagai contoh, jika Anda merasa kekenyangan setiap kali makan, ini mungkin berarti makan Anda telah melebihi kebutuhan energi tubuh. Sebaliknya, mengabaikan rasa lapar terlalu lama bisa memicu Anda makan terlalu banyak nantinya. Karenanya, menerapkan trik 30 detik untuk mengecek rasa lapar ini bisa membantu tubuh mengenali rasa kenyang dan mencegah asupan kalori berlebih."

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com