10 Snack Diet yang Bisa Jadi Pilihan untuk Program Penurunan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 14 Mar 2021 07:00 WIB
Salad Buah Segar Foto: iStock
Jakarta -

Snack menjadi bagian diet sehat. Saat memilih camilan, sebaiknya pilih yang mengandung protein dan juga serat. Semua nutrisi ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

Makanan ringan seperti buah-buahan, roti gandum dan juga kacang-kacang sangat baik dikonsumsi daripada keripik atau permen yang lebih tinggi kalori namun minim kandungan gizi.

Dalam sehari, kamu bisa memilih snack diet di jam 10.00 pagi dan juga pada sore hari sekitar pukul 15.00 atau 16.00 sore. Hindari memilih snack diet yang mengandung gula sederhana dan juga minim serat.

Berikut ini beberapa macam snack diet rendah kalori:

1. Kacang almond

Kacang adalah camilan sehat yang enak. Meskipun tinggi lemak, akan tetapi almond juga memberikan serat, protein dan lemak sehat yang bisa bikin kamu kenyang lebih lama.

Almond membantu mencegah rasa lapar, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menghilangkan lemak di perut. Ambil segenggam, lalu makan dengan buah kering atau diolah dengan cara dipanggang.


Satu porsi almond dengan isi sekitar 23 almond memiliki kalori sebesar 164 kalori, 4 gram serat dan 6 gram protein.

2. Yogurt

Snack diet yang enak selain kacang-kacangan adalah yogurt. Yogurt adalah camilan yang mengandung kalsium dan serat. Kedua nutrisi ini seringkali tidak dicukupi oleh sebagian orang.

Konsumsi yogurt plain tanpa perasa bisa jadi pilihan yang baik. Yogurt juga bisa ditambahkan dengan buah-buahan dan kandungan probiotiknya bisa membantu menyehatkan usus.

Jika kamu mencari lebih banyak protein dalam camilan yogurt, sebaiknya pilih greek yogurt yang memiliki hampir dua kali lipat protein dibandingkan dengan yogurt biasa.

3. Oatmeal

Dikutip dalam Eating Well, oatmeal adalah karbohidrat kompleks yang dapat membantu kamu kenyang lebih lama. Oatmeal juga merupakan sumber serat yang baik dan memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan.

Oatmeal bisa jadi snack diet yang mengenyangkan dengan tambahan biji-bijian atau potongan buah-buahan segar.

4. Buah apel dan selai kacang

Apel kaya akan serat dan antioksidan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selai kacang mungkin memiliki manfaat tambahan untuk kesehatan jantung. Ini telah terbukti meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida.

Dikutip dalam Healthline, konon selai kacang memiliki kalori yang cukup tinggi. Meskipun umumnya sering dikaitkan dengan penambahan berat badan, paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Apel dengan ukuran sedang dan 1 sdm (15 gram) selai kacang tanpa gula akan memberikan keseimbangan rasa manis yang enak dengan tekstur renyah.

5. Telur rebus

Telur rebus adalah salah satu makanan paling sehat dan ramah untuk menurunkan berat badan. Telur dikemas dengan banyak protein, vitamin K2 dan B12. Telur sangat mengenyangkan dan dapat mengurangi jumlah kalori yang kamu makan selama berjam-jam yang akan membantu menurunkan berat badan.

Meskipun kandungan kolesterolnya tinggi sehingga memberi mereka reputasi buruk selama bertahun-tahun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa asupan telur yang moderat tidak berpengaruh pada risiko penyakit jantung.

Dua telur rebus besar mengandung sekitar 140 kalori dan 13 gram protein.

6. Edamame

Edamame adalah hidangan kedelai kukus. Ini menjadi camilan yang dikonsumsi orang Jepang dan beberapa orang penganut vegetarian.

Edamame kaya akan antioksidan kaempferol, yang terbukti menyebabkan penurunan berat badan dan menurunkan gula darah pada penelitian hewan.

Ini juga tinggi folat dan beberapa mineral, termasuk zat besi, magnesium dan mangan. Satu cangkir (155 gram) edamame memiliki sekitar 17 gram protein dan 180 kalori.

7. Buah segar

Buah mengandung rendah kalori dan tinggi serat yang dapat menurunkan berat badan. Buah apel mengandung rendah kalori dan tinggi serat dengan kandungan kalori 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah seberat 223 gr.

Selain itu buah pir juga menjadi salah satu camilan sehat untuk diet. Satu buah pir mengandung 6 gram serat.

8. Alpukat dan Roti Panggang

Roti panggang ternyata juga cocok dinikmati sebagai snack diet. Roti panggang akan lebih bernutrisi jika ditambahkan dengan alpukat sebagai toppingnya.

Alpukat memiliki kandungan magnesium tinggi yang dapat membuat tubuh menjadi rileks di malam hari. Kandungan magnesium yang ada pada alpukat akan menambah efektivitas karbohidrat pada roti yang juga berfungsi merelaksasi tubuh sebelum tidur.

9. Popcorn dan buah kering

Dilansir dalam Today, snack diet yang satu ini terbuat dari popcorn, kacang-kacangan, dan buah kering. Komposisi camilan seperti ini sangat tepat jika ingin dijadikan sebagai camilan malam hari karena mengandung nutrisi yang baik.

Karbohidrat pada popcorn akan membantu tubuh merasa relaks, lalu magnesium pada kacang juga memberikan sensasi tenang. Pemanis alami yang ada pada buah-buahan kering juga akan jauh lebih aman dibanding makanan ringan dengan kalori dan gula tambahan yang cukup tinggi.

10. Granola dan pisang

Granola merupakan salah satu snack diet yang mengandung oat, kacang, madu atau pemanis alami seperti brown sugar. Ada juga jenis granola bar yang ditemukan seperti batangan yang bisa jadi camilan yang mudah dibawa dan dimakan.

Selain itu, snack diet murah dan enak adalah buah pisang. Pisang mengandung serat dan dapat dikonsumsi langsung tanpa harus diolah terlebih dulu.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com