7 Panduan Porsi yang Tepat dalam Mengonsumsi Sereal hingga Dada Ayam

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 12 Mar 2021 06:00 WIB
dada ayam Foto: iStock
Jakarta -

Bukan hanya jenisnya, porsi makanan juga penting diperhatikan. Simak panduan porsi berikut saat mengonsumsi sereal, roti, hingga dada ayam.

Untuk melakukan diet atau menjalani pola makan sehat, sangat penting memperhatikan asupan makanan. Bukan hanya jenis makanan yang dikonsumsi, melainkan juga porsi dalam mengonsumsinya.

Beberapa bahan makanan sehat faktanya bisa kehilangan khasiatnya saat kamu mengonsumsinya berlebihan. Sayangnya menikmati porsi makanan secara berlebih sering kali terjadi.

Hal ini membuat usaha diet gagal atau berat badan sulit turun. Sebagai solusi, kamu perlu mengetahui dengan jelas panduan porsi makanan yang akan dikonsumsi.

Berikut ini panduan porsi makanan yang tepat dan bisa dijadikan referensi harian menurut Very Well Fit (19/1):

1. Sereal

7 Panduan Porsi yang Tepat dalam Mengonsumsi Sereal hingga Dada Ayam7 Panduan Porsi yang Tepat dalam Mengonsumsi Sereal hingga Dada Ayam Foto: Getty Images/iStockphoto/shutter_m

Secara umum, kamu akan menemukan rekomendasi porsi sereal sebanyak 1 cangkir atau 128 gram. Rekomendasi porsi ini mungkin akan kamu temukan pada kemasannya.

Sementara, Asosiasi Diabetes Amerika justru menyarankan untuk konsumsi sereal hanya sekitar 3/4 cangkir atau 96 gram. Menuang sereal ke dalam mangkuk hingga penuh sebenarnya membuat kamu makan sampai 2 porsi sereal.

2. Dada Ayam

Konsumsi protein yang terlalu banyak juga tidak sehat. Untuk porsi penyajian dada ayam disarankan hanya pada 85 - 113 gram per orang per waktu makan.

Makan satu dada ayam utuh sendirian sebenarnya termasuk jumlah yang sangat banyak. Bukan membantu dietmu berhasil, ini justru akan merusak diet yang sedang dijalankan.

Baca Juga: 7 Trik Batasi Porsi Makan Saat Diet, Gampang Ditiru!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com