Tanpa Obat, Tekanan Darah Tinggi Bisa Diatasi dengan Minum Teh Ini

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 14 Mar 2021 06:00 WIB
Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita Diabetes Foto: iStock
Jakarta -

Teh merupakan minuman herbal yang penuh kandungan antioksidan. Bahkan ada dua jenis teh yang jika dikonsumsi rutin mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Teh merupakan minuman yang bisa dinikmati dengan berbagai cara yang unik dan menjadi budaya di seluruh dunia. Bahkan budaya minum teh di seluruh dunia juga berbeda-beda tergantung tempat dan budaya yang berlaku.

Misalnya di Jepang budaya minum teh dianggap sebagai proses yang sakral yang harus dilakukan dengan sepenuh hati, hati-hati, dan perlahan. Sedangkan di Inggris bahkan secara khusus ada yang disebut tea time atau waktu minum teh di sore hari sambil menikmati beberapa hidangan manis seperti kue, roti dan scones.

Selain untuk menenangkan tubuh dan menjernihkan pikiran, minum teh ternyata juga punya banyak manfaat kesehatan terutama pada jantung. Minum teh hitam dan teh hijau menjadi jenis teh yang sangat direkomendasikan untuk mengelola kesehatan jantung.

Baca Juga: Minum Teh Hitam Saat Sarapan? Ini Manfaat Sehat dan Cara Seduhnya

tea cup with tea leavesteh hijau Foto: Getty Images/iStockphoto/

Dilansir melalui Food NDTV (10/3), teh hijau merupakan resep kesehatan tubuh yang sangat berkhasiat. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minum secangkir kecil teh hijau dapat mengendalikan diabetes dan meredakan stres.

Sebuah penelitian yang baru saja dilakukan oleh University of California juga menunjukkan bahwa teh hijau dan teh hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan berkontribusi pada kesehatan jantung. Penelitian ini telah dipublikasikan melalui jurnal Cellular Physiology and Biochemistry di UCI School of Medicine.

Pada penelitian yang dilakukan ini, komponen yang bernama katekin yang terdapat pada teh hijau dan teh hitam terbukti membantu merelaksasi pembuluh darah melalui aktivasi protein. Konsumsi teh hijau dan teh hitam juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam jumlah kecil tetapi konsisten.

Kandungan anti-hipertensi yang ada pada teh hijau dan teh hitam sedang dikembangkan untuk dijadikan obat penurun tekanan darah yang baru. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi masalah tekanan darah tinggi yang banyak terjadi pada orang dewasa di seluruh dunia.

7 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alamidarah tinggi Foto: Getty Images/iStockphoto/carlosgaw

"Karena sebanyak sepertiga orang dewasa di dunia mengalami hipertensi, kondisi ini dianggap sebagai faktor risiko pertama yang dapat dimodifikasi untuk penyakit kardiovaskular secara global dan kematian dini," kata para ahli.

Pengembangan teh hijau dan teh hitam sebagai obat hipertensi juga dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat global. Pendekatan baru untuk mengobati hipertensi ini dikatakan memiliki potensi yang sangat besar.

Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi teh hijau dan teh hitam dengan cara diminum untuk mendapatkan manfaat kesehatannya yang lebih efektif. Baik pada suhu hangat maupun dingin dan yang terpenting konsumsi teh secara murni dan tanpa campuran.

"Terlepas dari apakah teh dikonsumsi secara dingin atau hangat, suhu ini dicapai setelah teh diminum dan di dalam tubuh manusia akan secara otomatis disesuaikan dengan suhu tubuh alami sekitar 37 derajat Celcius," kata Abbott.

Baca Juga: Teh Hitam dan Teh Hijau, Mana yang Lebih Sehat?



Simak Video "Nikmatnya Menyeduh Teh, Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com