Manfaat Minum Teh Putih, Bikin Kulit Cerah dan Mulus Tanpa Jerawat

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 14 Mar 2021 05:00 WIB
Manfaat teh putih untuk kesehatan kulit wajah. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Teh putih memiliki beragam manfaat kesehatan. Tak terkecuali berfungsi untuk kesehatan kulit wajah. Teh putih bisa membuat kulit kamu cerah dan terbebas dari jerawat.

Kulit wajah cerah dan mulus tanpa jerawat adalah idaman setiap wanita. Oleh karenanya, banyak wanita yang merawatnya dengan produk perawatan wajah atau skin care.

Dilansir dari Swirlster NDTV (9/3), teh putih juga dapat dikonsumsi untuk menyehatkan kulit wajah. Teh ini terbuat dari tanaman Camelia sinensis dan berasal dari provinsi Fujian, China. Banyak juga teh putih yang tumbuh di India, Sri Lanka, dan Thailand.

Manfaat teh putih untuk kesehatan kulit wajah.Manfaat teh putih untuk kesehatan kulit wajah. Foto: Getty Images/iStockphoto

Perbedaan teh putih dengan teh lainnya bisa dilihat jelas melalui warnanya. Menyoal rasa, teh putih memiliki rasa manis alami yang ringan.

Baca Juga: 5 Teh Herbal untuk Diet yang Ampuh Rampingkan Perut

Teh putih juga mengandung zat antioksidan sama dengan teh lainnya. Ada juga kandungan kafein di dalamnya walaupun tidak sebanyak teh hijau atau teh hitam.

Rutin mengonsumsi teh putih disebutkan bisa membantu dalam menyehatkan kulit wajah. Efeknya membuat kulit wajah jauh lebih cerah dan mulus tanpa jerawat.

Manfaat teh putih untuk kesehatan kulit wajah.Manfaat teh putih untuk kesehatan kulit wajah. Foto: Getty Images/iStockphoto

Hal ini dikarenakan teh putih memiliki zat anti-inflamasi dan antibakteri. Keduanya berfungsi dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Karena terdapat kandungan zat antioksidan, teh putih bisa diandalkan dalam mengatasi kerusakan akibat sinar matahari. Teh putih juga dapat membantu kulit agar tidak rusak akibat paparan polusi, sehingga kulit tetap tampak bersih dan mulus.

Selain itu, teh putih juga berguna dalam mengurangi efek radikal bebas pada kulit wajah. Di mana radikal bebas itu bisa menyebabkan keriput dan garis-garis halus. Sehingga kulit wajahmu akan terasa kencang dan awet muda.

Manfaat teh putih untuk kesehatan kulit wajah.Manfaat teh putih untuk kesehatan kulit wajah. Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak hanya dikonsumsi sebagai minuman, teh putih juga bisa dijadikan masker wajah. Cara membuat masker teh putih ini juga mudah.

Bahan yang diperlukan adalah daun teh putih, 1 sdt madu, dan soda kue secukupnya. Campur semua bahan masker tersebut, kemudian aplikasikan di atas wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

Baca Juga: Begini 6 Cara Minum Teh untuk Kecilkan Perut



Simak Video "Pabrik Pengolahan Daun Teh Karanganyar"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com