Ini Waktu Makan Siang Terbaik untuk Kamu yang Lagi 'Work From Home'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 12 Mar 2021 11:30 WIB
makanan selama wfh Foto: iStock

Jadi kapan waktu makan siang terbaik?

Perlu diketahui, waktu makan pertama idealnya antara 30-60 menit setelah bangun tidur. Hal ini bermanfaat untuk mengisi bahan bakar tubuh.

Mullin mengatakan saat perut sudah terasa setengah penuh, kamu perlu menyadari bahwa makanan baru akan tercerna sempurna dalam 4 jam.

Karenanya makan siang bisa kamu lahap 3-5 jam setelah sarapan. "Namun, ini hanyalah panduan, dan sangat penting untuk tetap memperhatikan kondisi tubuh dan tanda lapar," ujar Al Bochi.

Supaya di antara waktu makan siang menuju makan malam kamu tidak merasa terlalu lapar, konsumsilah banyak protein dan serat saat sarapan. Al Bochi juga merekomendasikan konsumsi sumber probiotik seperti yogurt untuk meningkatkan suasana hati, kesehatan mental, dan aktivitas otak.

Baca Juga: 5 Tips Untuk Jaga Asupan Nutrisi Agar Tetap Bugar Selama WFH

Jangan memberi jeda terlalu lama antarwaktu makan

makanan selama wfhIni Waktu Makan Siang Terbaik untuk Kamu yang Lagi 'Work From Home' Foto: iStock

Mullin mengatakan memberi jeda waktu makan layaknya jalani diet intermittent fasting (IF) tidak selamanya bagus untuk tiap orang. Ia mengatakan kebanyakan orang butuh makan teratur sepanjang hari untuk mempertahankan energinya.

Al Bochi menjelaskan saat seseorang membiarkan dirinya tidak makan dalam waktu lama atau melewatkan makan, kadar glukosanya akan menurun. Begitupun dengan kadar energi dan konsentrasi.

"Kemudian saat kamu makan lagi, kamu mungkin akan sangat lapar dan (malah) makan berlebihan," katanya. Kondisi ini juga membuat seseorang kemungkinan besar memilih makan makanan yang tidak sehat.

Di sisi lain, kebanyakan makan dalam sekali waktu juga bisa membuat kamu super kenyang yang pada akhirnya membuat tubuh tidak nyaman. Bukan tidak mungkin kamu malah alami gangguan pencernaan dan refluks lambung yang bisa menghambat proses kerja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com