Jus Alpukat untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 16:30 WIB
5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan Pencernaan Foto: iStock
Jakarta -

Jus alpukat bisa jadi pendamping camilan ibu hamil. Buah alpukat mengandung banyak nutrisi penting seperti kalium dan folat. Buah alpukat mengandung serat, lemak sehat, vitamin, mineral dan antioksidan.

Jus alpukat untuk ibu hamil bisa dikonsumsi tanpa menambahkan gula, dicampur dengan buah-buahan lain atau ditambah dengan susu. Jus alpukat untuk ibu hamil bisa menjadi alternatif minuman pengganti minuman bersoda atau minuman kemasan lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah alpukat dan jus alpukat tanpa gula untuk ibu hamil:

1. Alpukat tinggi serat

Serat sangat penting untuk kesehatan yang optimal selama kehamilan. Serat dapat membantu mempromosikan gerakan usus yang sehat. Dengan menambahkan makanan kaya serat seperti alpukat ke dalam makanan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklamsia.

Setengah buah alpukat dengan berat 100 gram menyediakan sekitar 7 gram atau sekitar 25 persen dari rekomendasi harian minimum 28 gram untuk serat selama kehamilan.

2. Sumber lemak baik

Menambahkan sumber lemak dalam makanan dan kudapan dapat membantu meningkatkan kepuasan, karena lemak membuat makanan lebih enak.

Bukan lemak jenuh, buah alpukat adalah sumber lemak sehat yaitu lemak tak jenuh tunggal. Lemak yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah dan membantu kamu tetap kenyang di sela waktu makan.

Terlebih lagi, asupan makanan kaya lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan oleh karena itu meredakan insomnia kehamilan.

3. Melengkapi kebutuhan nutrisi

Alpukat dapat membantu kamu melengkapi kebutuhan nutrisi. Selain protein dan kalori secara keseluruhan, kebutuhan akan vitamin dan mineral tertentu juga meningkat selama kehamilan. Misalnya, orang hamil membutuhkan lebih banyak folat, magnesium dan vitamin C daripada orang yang tidak hamil.

Dilansir dalam Healthline, alpukat adalah sumber vitamin C, folat dan magnesium. Tentu kebutuhan folat meningkat secara signifikan selama kehamilan karena peran penting nutrisi ini dalam perkembangan janin.

4. Menjaga tingkat tekanan darah

Buah alpukat adalah sumber magnesium dan potasium yang kaya, nutrisi ini sangat penting untuk pengaturan tekanan darah yang sehat. Selama kehamilan, makan banyak makanan tinggi kalium seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko terkena hipertensi gestasional.

5. Tinggi antioksidan

Antioksidan adalah senyawa bermanfaat yang membantu melindungi dari kerusakan sel dan dapat membantu meningkatkan kesehatan. Alpukat sangat kaya akan lutein karotenoid. Lutein memiliki sifat antioksidan yang kuat dan sangat penting untuk perkembangan mata dan fungsi otak bayi.

Karena lutein adalah senyawa yang larut dalam lemak, lutein diserap lebih efisien dari alpukat dibandingkan dari buah atau sayuran yang mengandung lutein dengan kandungan lemak rendah.

Ingat ya Bunda, sebaiknya jangan membuat jus alpukat dengan tambahan gula atau susu kental manis agar kandungan kalorinya tak berlebih. Jika ingin rasa manis, jus alpukat bisa dipadu dengan buah-buahan lain agar lebih enak.



Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com