7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 14:00 WIB
7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Nutrisi alami yang didapatkan dari makanan juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut ini 7 nutrisi untuk kulit yang perlu dipenuhi.

Selain untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh agar tetap normal, nutrisi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Pasalnya kesehatan kulit juga menjadi bagian penting dari kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kulit yang sehat juga menjadi faktor penting untuk menunjang penampilan. Penampilan kulit dan tubuh yang sehat akan meningkatkan kepercayaan diri.

Selain menggunakan berbagai produk kecantikan, memenuhi nutrisi alami dari dalam tubuh juga perlu dilakukan. Untuk mendapatkan kulit yang sehat tersebut ada beberapa nutrisi yang secara khusus harus dipenuhi dan menjadi kebutuhan kulit.

Berikut ini 7 nutrisi untuk kulit menurut WebMD (18/6) yang penting untuk dipenuhi:

1. Lemak Sehat

7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Lemak sehat dibutuhkan untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Memenuhi kecukupan lemak dengan asupan lemak sehat misalnya yang terdapat pada biji-bijian, kacang-kacangan, dan alpukat. Manfaatnya dapat mencegah kulit keriput dan kulit kering.

Kamu sebaiknya fokus pada asupan lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3. Lemak sehat ini bisa menjaga kulit tetap lembab, kenyal, elastis dan mencegah pertumbuhan kanker kulit.

2. Protein

Asupan protein yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dan dibentuk sebagai asam amino. Asam amino ini kemudian digunakan salah satunya untuk membentuk kolagen dan keratin sebagai struktur kulit. Asam amino bisa didapatkan melalui konsumsi kacang-kacangan, telur dan beberapa bahan makanan lainnya.

Beberapa asam amino juga berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan yang dihasilkan oleh asam amino ini berfungsi melawan sinar UV dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Baca Juga: 10 Makanan yang Sehat Untuk Kulit Mulus dan Glowing

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com