7 Makanan yang Mengandung Kolagen yang Bagus untuk Kulit

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 11:00 WIB
Tomatoes growing in greenhouse Foto: iStock
Jakarta -

Makanan yang mengandung kolagen penting untuk dikonsumsi setiap hari. Dilansir dalam Medical News Today, kolagen adalah protein struktural yang paling banyak di dalam tubuh. Protein struktural mengandung molekul padat yang memberikan struktur ke berbagai jaringan di dalam tubuh.

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh mereka akan menghasilkan lebih sedikit kolagen. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti keriput, kulit kendur dan sendi kaku.

Beberapa makanan yang mengandung protein dan nutrisi penting dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan kolagen. Kolagen membentuk serat ikat yang memberikan struktur dan dukungan ke banyak jaringan dan organ di dalam tubuh termasuk kulit, pembuluh darah, tulang dan gigi hingga ligamen dan tulang rawan.

Berikut beberapa makanan yang mengandung kolagen tinggi:

1. Kaldu Tulang

Makanan yang mengandung kolagen tinggi salah satunya adalah kaldu tulang. Kaldu tulang adalah sumber kolagen yang paling terkenal dan populer. Anda bisa membuat kaldu tulang sendiri di rumah dengan daging sapi, ayam atau tulang hewan lainnya.

Kaldu tulang yang dimasak selama berjam-jam menjadi salah satu sumber kolagen yang baik untuk kulit agar tampak lebih kencang.

2. Ikan

Makanan yang mengandung kolagen lain adalah ikan. Ikan laut secara umum merupakan sumber asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Ikan salmon menjadi salah satu jenis ikan yang mengandung tinggi kolagen.

3. Tomat

Makanan yang mengandung kolagen dan vitamin C adalah tomat. Tomat yang telah menjalani proses pemanasan mengandung lebih tinggi vitamin C yang dibutuhkan untuk produksi kolagen. Mereka juga mengandung antioksidan likopen yang dikenal dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan kerusakan kolagen. Tomat dapat dinikmati menjadi salad ataupun pasta.

4. Daging Sapi

Daging sapi mengandung zinc yang tinggi. Zinc menjadi salah satu bahan penting untuk memproduksi kolagen. Terlebih lagi daging sapi mengandung tiga asam amino yang membentuk kolagen yakni glisin, prolin dan hidroksiprolin.

5. Buah Citrus

Buah citrus tinggi vitamin C yang dapat membantu menghubungkan asam amino selama produksi kolagen. Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 70 mg vitamin C.

6. Telur

Kuning telur mengandung kolagen yang dapat menjaga rambut Anda tetap bagus dan berkilau. Sedangkan putih telur mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk membuat kolagen.

7. Tiram

Makanan yang mengandung kolagen untuk kulit adalah tiram. Tiram mengandung mineral yang dibutuhkan untuk menghasilkan kolagen.



Simak Video "Dibuang Sayang, Kulit Kentang Bisa Dibuat Jadi Keripik Renyah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)