7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 10:30 WIB
Teh jahe bawang putih Foto: iStock
Jakarta -

Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan cara alami. Hidung tersumbat dan tekanan sinus dapat disebabkan karena berbagai hal. Beberapa diantaranya adalah masuk angin, flu dan alergi.

Saat terserang flu atau alergi, selaput yang melapisi saluran hidung dan membuatnya meradang serta teriritasi. Mereka mulai mengeluarkan lebih banyak lendir untuk mengeluarkan apapun yang menyebabkan iritasi, seperti alergen.

Dikutip dalam WebMD, ketika hidung tersumbat, fokuslah untuk menjaga saluran hidung dan sinus tetap lembap. Untuk menjaga kelembapan saluran hidung dengan menggunakan humidifier, konsumsi banyak cairan hingga meletakkan handuk basah yang hangat di wajah.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat:

1. Tetap terhidrasi

Cara mengatasi hidung tersumbat yang utama adalah tetap menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Selaput lendir bisa meradang selama sinus tersumbat. Akan tetapi tetap terhidrasi dapat membantu fungsi membran dengan benar.

Minum banyak air dan cairan lain dapat membantu meringankan gejala penyumbatan hidung. Minum air putih lebih banyak bisa membantu melembapkan hidung.

2. Menghirup uap

Menghirup uap dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir. Ini sangat penting selama musim dingin atau iklim yang lebih dingin. Ini dapat membantu meringankan gejala penyumbatan sinus dan mendorong sinus untuk terbuka.

Uap air yang sudah dicampurkan dengan serai dan hirup uapnya saat kamu alami hidung tersumbat.

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu rimpang yang digunakan sebagai pengobatan alami. Jahe juga mengandung senyawa anti inflamasi dan antibakterinya efektif dapat meredakan gejala flu. Saat hidung tersumbat, kamu bisa mengonsumsi teh yang dipadukan dengan jahe, lemon dan madu.

Sebelum mengonsumsinya, hiruplah terlebih dulu uap hangat dari rebusan teh dan jahe untuk merelaksasikan saraf-saraf hidung.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung antibakteri dan antijamur yang dapat membantu atasi hidung tersumbat. Bawang putih mengandung bahan aktif bernama allyl thiosulfonate yang dapat membuat hidung lega.

Bawang putih bisa dicampurkan ke dalam sup atau masakan lainnya. Tidak hanya membuat rasanya gurih tetapi juga mengurangi lendir di hidung.

5. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Ini juga dapat membantu membunuh kuman di sekitar saluran hidung yang berkontribusi pada infeksi sinus. Seseorang dapat menggunakan minyak kayu putih dengan mengoleskannya ke tisu dan di sebelahnya dengan menambahkannya ke air panas dan menghirup uapnya.

6. Nanas

Buah tropis yang manis dan asam ini dikemas dengan kandungan vitamin C dan juga bromelain. Bromelain adalah enzim yang ditemukan pada nanas yang dikenal karena kemampuannya untuk membantu mencegah lendir berlebihan pada hidung dan mengurangi produksi lendir yang sering disebabkan oleh alergi.

Minumlah jus nanas atau campurkan potongan nanas ke dalam salad untuk membantu meredakan alergi yang tersumbat.

7. Peppermint

Makanan yang mengandung menthol seperti peppermint dipercaya dapat mengurangi hidung tersumbat. Kandungan menthol dapat menstimulasi reseptor saraf hidung yang membuat kita merasa menghirup udara lebih banyak.

Menghirup uap air hangat yang sudah dicampurkan peppermint bisa melancarkan lendir yang tersumbat dalam hidung.



Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com