8 Manfaat Jus Wortel, dari Diet hingga Kekebalan Tubuh

Tim detikcom - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 08:00 WIB
jus wortel Foto: Getty Images/iStockphoto/iloliloli/8 Manfaat Jus Wortel, dari Diet hingga Kekebalan Tubuh
Jakarta -

Bukan tanpa alasan orang tua selalu menyuruh mengonsumsi wortel. Dari semua khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, wortel bermanfaat untuk mata.

Wortel sangat mudah ditemukan di pasar. Mengonsumsi dalam bentuk mentah merupakan cara terbaik mendapatkan semua nutrisi penting yang dikandung wortel.

Misalnya wortel bisa diolah menjadi bahan salad. Selain itu, wortel bisa dikonsumsi dengan membuat jus.

Segelas jus wortel setiap pagi dapat membawa Anda menuju kesehatan yang baik.

Berikut manfaat jus wortel yang akan membuat Anda ketagihan dilansir NDTV Food dan Times Of India:

1. Vitamin A

Vitamin A berperan penting dalam penglihatan. Makanan berwarna merah jingga seperti wortel, labu dan melon mengandung pigmen yang disebut betakaroten, yang diubah menjadi vitamin A saat dikonsumsi oleh tubuh.

Ini kemudian membantu dalam menjaga penglihatan yang baik selain dari manfaat kesehatan lainnya.

Gejala utama kekurangan vitamin A adalah kehilangan penglihatan atau rabun senja, jadi penting untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin A secara teratur.

2. Perbaiki Antioksidan

Karotenoid yang ada dalam wortel juga bertindak sebagai antioksidan, sehingga melawan radikal bebas dalam tubuh Anda dan memperlambat proses penuaan.

Makanan kaya antioksidan diperlukan untuk kesehatan yang baik karena membantu membersihkan racun dari tubuh, dan dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Setelah proses pencernaan, beberapa partikel limbah tertinggal di dalam tubuh kita yang dikenal sebagai radikal bebas dan cenderung merusak sel.

Makan makanan kaya antioksidan membantu memerangi radikal bebas ini dan dengan demikian mencegah kemungkinan perkembangan sel kanker.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa per 100 gram wortel mengandung sekitar 33% Vitamin A, 9% vitamin C dan 5% vitamin B-6, yang secara kolektif membantu dalam memerangi radikal bebas.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jus wortel memberi kita bentuk terkonsentrasi dengan semua nutrisi penting. Minum segelas sehari, manfaat jus wortel dikatakan bekerja secara ajaib dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas, jus wortel juga melindunginya dari bakteri berbahaya, virus, dan peradangan.

Jus wortel juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti B6, K, kalium, fosfor, dll. Yang berkontribusi pada kesehatan tulang, memperkuat sistem saraf dan meningkatkan kekuatan otak.

5. Sehatkan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, penting untuk aktif secara fisik, cukup tidur, dan menurunkan tingkat stres Anda. Namun, semua ini harus diimbangi dengan pola makan yang dipikirkan dengan matang agar memiliki efek positif.

Wortel, yang sarat dengan antioksidan dan serat makanan, bekerja untuk menjaga kesehatan jantung Anda dengan menghilangkan plak dari arteri dan menjaga sirkulasi darah.

6. Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat jus wortel berikutnya yakni untuk kecantikan. Kehadiran antioksidan dan mineral esensial seperti potasium berkontribusi dalam mencegah degradasi sel, sehingga menjaga kulit Anda tetap sehat dan awet muda.

Nutrisi ini juga melindungi kulit Anda dari kekeringan, memperbaiki warna kulit dan mengurangi bekas luka dan noda.

Inilah alasan mengapa Anda sering menemukan wortel digunakan dalam pengobatan rumah alami untuk kecantikan.


7. Menjaga Kolesterol dan Gula Darah

Jus wortel bekerja untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah, berkat kandungan kaliumnya.

Rendah kalori dan kandungan gula serta vitamin dan mineral penting yang ada di dalamnya secara kolektif bekerja untuk mencegah diabetes.

Hal ini juga meningkatkan sekresi empedu, yang membantu membakar lemak sehingga membantu penurunan berat badan.

Ini sering direkomendasikan sebagai makanan sebelum atau sesudah latihan untuk meningkatkan nutrisi.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Karena manfaat jus wortel untuk mencegah diabetes, maka minuman ini sangat baik untuk ibu hamil yang berpotensi terkena diabetes dan tekanan darah tinggi.

Wortel juga mengandung serat, hal ini membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah mengidam makanan. Perpaduan nutrisi yang sehat akan membantu Anda mengurangi ekstra makanan secara efektif.

(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com