7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 14:00 WIB
7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

3. Vitamin A

7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Semua lapisan kulit sangat membutuhkan vitamin A. Vitamin A dapat mencegah kerusakan kulit akibat terpaan sinar matahari yang akan merusak kolagen pada struktur lapisan kulit. Vitamin A banyak terdapat pada buah dan sayuran yang berwarna oranye hingga merah seperti wortel dan tomat.

Vitamin A juga mengandung antioksidan yang mencegah pembakaran berlebih pada kulit akibat sinar matahari. Bahkan vitamin A juga berfungsi mengurangi steroid dan inflamasi pada kulit.

4. Vitamin C

Vitamin C merupakan sumber kolagen yang baik. Vitamin C membantu protein untuk tetap dalam bentuknya dan menghasilkan kolagen untuk kulit. Vitamin C bisa didapatkan dengan banyak konsumsi makanan seperti jeruk dan lemon.

Vitamin C juga memiliki kekuatan antioksidan yang menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas hingga menurunkan risiko kanker kulit. Kekurangan vitamin C bahkan bisa menyebabkan kulit kering, mudah memar hingga gusi berdarah.

5. Vitamin E

7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat7 Nutrisi untuk Kulit yang Perlu Dipenuhi Agar Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Vitamin E sudah sangat terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan kulit. Bahkan suplemen vitamin E yang dibuat khusus untuk kulit juga bisa ditemukan dengan mudah. Secara alami, vitamin E bisa didapatkan melalui minyak zaitun dan walnut.

Vitamin E memiliki antioksidan dan anti-inflamasi yang menyerap sinar UV. Kemampuan ini dapat menjaga kulit dari kerusakan, kerutan, hingga kanker kulit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com