7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet agar Berat Badan Turun

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 05:00 WIB
Shot of a young woman looking unhappy while making a healthy snack with fruit at home Foto: Getty Images/Moyo Studio
Jakarta -

Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap berat badan. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalori yang terkandung dalam makanan.

Umumnya makanan yang diolah dengan cara digoreng dan mengandung gula memiliki jumlah kalori yang besar.

Kunci dalam keberhasilan diet adalah tetap bergerak dengan cara melakukan olahraga ringan dan juga membatasi jenis makanan yang dikonsumsi.

Ini 10 makanan yang harus dihindari saat diet agar berat badan turun:

1. Kentang goreng dan keripik kentang

Kentang goreng dan keripik kentang mengandung tinggi kalori yang bisa membuat berat badan naik. Dikutip dalam Healthline, dalam studi observasi mengonsumsi kentang goreng dan keripik kentang telah dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Satu studi bahkan menemukan bahwa keripik kentang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan lebih banyak per porsi daripada makanan lainnya.

2. Minuman manis

Minuman yang memiliki rasa manis seperti minuman bersoda adalah salah satu makanan paling tidak sehat. Mereka sangat terkait dengan penambahan berat badan dan dapat memiliki efek kesehatan yang merusak bila dikonsumsi secara berlebihan.

Kalori gula cair tidak membuat kamu merasa kentang dan tidak akan makan lebih sedikit untuk mengimbanginya. Jika kamu serius ingin menurunkan berat badan, sebaiknya pertimbangkan untuk berhenti minum minuman manis sepenuhnya.

3. Roti putih

Roti putih mengandung gula karena dibuat dengan tambahan gula pasir. Roti putih tinggi kandungan indeks glikemiks dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Satu studi terhadap 9.267 orang menemukan bahwa makan dua potong (120 gram) roti putih per hari dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan dan obesitas 40 persen lebih besar.

Lebih baik pilih roti gandum dibandingkan dengan roti putih. Karena roti gandum lebih kaya serat.

4. Jus buah

Bukan jus buah yang dibuat sendiri tanpa tambahan gula. Jus buah kemasan umumnya diproses dengan mencampurkan pengawet dan gula tambahan. Segelas jus jeruk tidak akan membuat efek kenyang. Tetapi ketika mengonsumsi buah-buahan secara utuh bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

5. Kue

Kue kering dan kue seperti brownies dan bolu mengandung tambahan gula dan tepung. Kue juga umumnya mengandung lemak trans buatan yang berbahaya bagi tubuh.

6. Es krim

Es krim menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat menjalani diet ketat. Es krim yang dibuat dengan tambahan susu biasanya mengandung tinggi kalori. Daripada memilih es krim sebaiknya pilih sorbet yang dibuat dengan campuran buah-buahan atau konsumsi yogurt dengan potongan buah.

7. Kopi

Kopi memang bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh, tapi jika itu kopi hitam. Atau dibuat dengan susu yang rendah kalori.

Akan tetapi hindari kopi yang dibuat dengan campuran susu full cream, gula, kental manis ataupun karamel. Tentu ini menjadi salah satu hidangan yang harus dihindari saat diet.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com