12 Manfaat Jus Timun, Salah Satunya Bagus untuk Diet

Tim detikcom - detikFood Minggu, 07 Mar 2021 07:00 WIB
ilustrasi jus timun selederi Foto: ilustrasi/thinkstock/12 Manfaat Jus Timun, Salah Satunya Bagus untuk Diet
Jakarta -

Masyarakat kini beralih mengonsumsi minuman sehat untuk imunitas kala pandemi COVID-19. Minum jus timun salah satunya.

Praktisi Kesehatan, Ahli Gizi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik bersertifikat, Shilpa Arora, mengatakan, jus timun mengandung nutrisi seperti Vitamin K, Vitamin C, magnesium, fosfor, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, zat besi, silika, kalsium dan seng.

Mungkin itulah sebabnya aktris Liv Tyler minum jus timun untuk menjaga kulitnya agar tetap mulus.

Berikut 12 manfaat jus timun dilansir NDTVFood:

1. Bagus untuk Diet

Dr. Anju Sood, Ahli Gizi yang berbasis di Bangalore, India berkata, "Jus timun adalah sumber antioksidan. Oleh karena itu dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan."

Ahli Gizi lainnya, Anshul Jaibharat menambahkan, "Jus timun rendah kalori. Karena itu pilihan yang bagus bagi mereka yang memerhatikan berat badan atau diet."

2. Meningkatkan Hidrasi Tubuh

Shilpa Arora mengatakan, "Ketimun terdiri dari 95% air dan dua senyawa yakni asam askorbat dan asam caffeic. Kedua senyawa itu mencegah retensi air. Karena kandungan airnya yang tinggi, hal ini meningkatkan hidrasi tubuh Anda dan mengeluarkan racun."

3. Meredakan Sembelit

Jus timun ringan di usus dan bertindak seperti pencahar alami. Karena itu bisa menjadi obat untuk sembelit kronis.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jus timun menyediakan tubuh dengan banyak sekali mineral, hormon dan senyawa yang membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit.

Selain itu sarat dengan antioksidan dan melindungi Anda dari infeksi musiman seperti virus.

5. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat jus timun berikutnya yakni sebagai minuman detoksifikasi. Hal ini karena kandungan airnya yang tinggi, jus timun membersihkan tubuh dengan membuang bahan-bahan beracun dan limbah lama.

Anda juga bisa menambahkan dengan lemon dan mint untuk hasil yang enak.

6. Mengatur Tekanan Darah

Jus timun bermanfaat mendorong berfungsinya tubuh. Sebab jus timun mengandung magnesium yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan rendah.

Manfaat jus timun lainnya dapat diklik pada halaman selanjutnya

7. Meningkatkan Energi

Jus timun mengandung banyak nutrisi dan merupakan sumber vitamin B. Kekurangan vitamin B sering menyebabkan kelelahan, lekas marah, dan konsentrasi yang buruk.

Minum jus timun memastikan tubuh Anda disuplai dengan vitamin ini dan membuat Anda merasa energik.

8. Mengurangi Stres

Jus timun memiliki kemampuan untuk menenangkan saraf Anda, mengurangi kecemasan, dan stres. Karena itu membantu meningkatkan siklus tidur Anda.

9. Mendinginkan Tubuh

Ahli Gizi yang berbasis di Delhi, Anshul Jaibharat, berkata, "Karena jus mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, ia berfungsi sebagai pendingin."

Ahli gizi lainnya Dr. Shalini Manglani menambahkan, "Jus timun membantu orang yang memiliki retensi air berlebihan dan merupakan minuman yang fantastis untuk bulan-bulan musim panas."

10. Meningkatkan Penglihatan

Jika Anda ingin meningkatkan penglihatan Anda, minumlah jus timun. Ini telah terbukti menjadi salah satu cara yang paling berguna dan alami untuk merawat penglihatan menurut banyak penelitian.

11. Baik untuk Kulit

Shilpa Arora berkata, "Ketimun adalah sumber silika yang sangat baik untuk kecantikan."

Menempatkan irisan mentimun dingin di atas mata Anda mungkin tampak seperti ritual kecantikan klise, tetapi ini benar-benar membantu menghilangkan lingkaran hitam dan bengkak.

Tapi, "Tahukah Anda minum jus timun memberi Anda kulit yang sehat dari dalam? Minuman itu tinggi vitamin dan mineral dan memperbaiki kulit Anda."

Ini mungkin karena kadar antioksidan mentimun yang tinggi, yang menenangkan peradangan di tubuh, mengurangi kemungkinan kemerahan, bengkak, dan noda.

12. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Dr. Anju Sood berkata, "Manfaat jus timun sangat baik untuk rambut Anda. Sebab mengandung silikon dan belerang yang secara kolektif menghentikan rambut rontok, dan meningkatkan kesehatan rambut."

Jadi coba minum jus timun dari sekarang!

(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com