Makanan untuk Gula Darah Rendah, Madu hingga Buah-buahan

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 04 Mar 2021 05:00 WIB
menu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock
Jakarta -

Makanan untuk gula darah rendah salah satunya adalah makanan yang bersifat manis. Namun hal ini akan sulit jika gula darah rendah terjadi pada penderita diabetes yang sedang menjalani pengobatan tertentu termasuk insulin.

Gula darah rendah bisa menjadi gangguan kecil atau serius seperti keadaan darurat yang mengancam jiwa. Itulah mengapa penting untuk meningkatkan gula darah sebelum menjadi masalah.

Melansir Healthline, ketika seseorang menderita diabetes, baik tubuh mereka tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar sehingga glukosa terakumulasi dalam darah. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gejala mulai dari kelelahan hingga penyakit jantung.

Salah satu cara mengontrol gula darah adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Umumnya makanan dan minuman yang diserap tubuh secara perlahan adalah yang terbaik karena tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah.

Indeks glikemik (GI) mengukur efek makanan tertentu pada kadar gula darah. Orang ingin mengontrol level mereka harus memilih makanan dengan skor GI rendah atau sedang.

Dikutip dalam Healthline, American Diabetes Association merekomendasikan aturan 15-15 saat kadar gula darah seseorang di bawah 70 mg/dL. Aturan 15-15 ini artinya makan setidaknya 15 gram karbohidrat, tunggu reaksinya 15 menit dan periksa kembali kadar gula darah tubuh.

Jika kadar gula darah masih di bawah 70 mg/dL, konsumsi lagi 15 gram karbohidrat dan tunggu reaksinya 15 menit, baru periksa kembali kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut ini beberapa jenis makanan untuk gula darah rendah agar cepat naik:

1. Sepotong buah pisang, apel dan jeruk.
2. 2 sendok makan kismis
3. 15 butir anggur
4. 1/2 cangkir soda
5. 1 cangkir susu bebas lemak
6. 1 sendok makan madu
7. 1 sendok makan gula yang dilarutkan dalam air

Itulah makanan untuk mengatasi gula darah rendah saat di rumah.



Simak Video "Murah Meriah! Jajan Tteokbokki ala Korea Cuma Rp 10 Ribuan di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com