6 Minuman untuk Penyakit Diabetes, Gula Darah Dijamin Aman

Puti Yasmin - detikFood Minggu, 28 Feb 2021 06:00 WIB
Ilustrasi Diabetes Foto: shutterstock/6 Minuman untuk Penyakit Diabetes, Gula Darah Dijamin Aman
Jakarta -

Menjaga asupan makanan dan minuman menjadi hal wajib para penderita diabetes. Walaupun begitu, ada minuman untuk penyakit diabetes yang masih aman untuk dikonsumsi.

Penyakit diabetes bisa terjadi pada siapa saja. Penyakit ini menyebabkan lonjakan gula darah pada tubuh, sehingga penderita diabetes harus mengonsumsi minuman nol kalori atau rendah kalori.

6 Minuman untuk Penyakit Diabetes

  • 1. Air

Air putih menjadi minuman untuk penyakit diabetes yang terbaik. Pasalnya, mengonsumsi minuman ini sebanyak apapun tidak akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bahkan, mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan bisa menghilangkan kelebihan glukosa yang dibuang melalui urine. Bila tidak suka, detikers juga bisa menambahkan irisan lemon, jeruk nipis, mint ke dalam air putih.

  • 2. Teh

Berdasarkan penelitian, teh hijau memiliki dampak positif pada kesehatan tubuh. Diketahui, bahwa minum hingga 6 cangkir teh hijau dalam sehari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Konsumsi jenis teh yang lain, seperti teh hitam, herbal juga baik untuk tubuh. Asal ingat, jangan tambahkan gula saat mengonsumsi teh ya.

  • 3. Kopi

Kopi tanpa gula juga menjadi minuman diabetes yang baik. Dalam studi tahun 2012 diketahui bahwa kopi bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Hal ini berlaku pada orang yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi per hari. Sama seperti teh, konsumsi kopi tanpa dengan tambahan gula ya.

  • 4. Jus Tomat

Tomat menjadi buah untuk penderita diabetes yang baik. Selain dikonsumsi, tomat bisa dibuat menjadi jus dan diminum bagi penderita diabetes.

Detikers juga bisa mencampur beberapa jenis sayur sehat, seperti seledri atau mentimun. Dengan begitu, ada banyak manfaat vitamin yang bisa diperoleh.

  • 5. Jus Alpukat

Alpukat memiliki rasa yang enak baik dikonsumsi secara langsung maupun dibuat menjadi jus. MInuman ini juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah sehingga baik bagi penderita diabetes

  • 6. Susu Rendah Lemak

Susu untuk diabetes adalah yang rendah lemak. Minuman ini bisa dimasukan menjadi minuman untuk penderita diabetes setiap hari karena kandungannya yang aman.

Susu rendah lemak mengandung vitamin dan mineral. Pilih juga susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim sehingga bisa menjadi minuman untuk penyakit diabetes.



Simak Video "Menu Nasi hingga Minuman Herbal Jadi Tren Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com