4 Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Diabetes

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 03 Feb 2021 07:00 WIB
menu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock
Jakarta -

Agar kadar gula darah penderita diabetes tetap stabil, mereka tak boleh makan sembarangan. Berikut 4 menu sarapan untuk penderita diabetes.

Sarapan adalah salah satu aktivitas yang perlu dilakukan setiap orang. Karena dengan sarapan, bisa membuat orang lebih semangat.

Menu sarapan yang biasa dikonsumsi adalah roti, bubur, sereal, hingga nasi dan lauk. Tapi, untuk penderita diabetes perlu diperhatikan menu yang baik dikonsumsi.

Mereka dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih. Hal ini agar kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes tetap stabil.

Dilansir dari Times of India (25/1), berikut 4 menu sarapan yang baik dikonsumsi penderita diabetes:

1. Sereal

menu sarapan sehat untuk penderita diabetesmenu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock

Sereal adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi saat sarapan. Tapi, tentu saja jenis sereal yang baik dikonsumsi penderita diabetes harus diperhatikan.

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan memilih sereal. Harus yang tinggi serat dan kandungan gula yang rendah. Ini agar kadar gula darah dalam tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Awali Pagi dengan Sarapan, Ini 5 Manfaatnya bagi Tubuh

2. Bubur

menu sarapan sehat untuk penderita diabetesmenu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock

Bubur juga makanan yang umum dikonsumsi saat sarapan. Biasanya orang Indonesia sangat menyukai bubur ayam untuk sarapan. Karena teksturnya yang lembut dan hangat.

Bubur ayam juga biasa dipilih karena rasanya yang ringan. Jadi, tidak terlalu mengenyangkan. Bubur juga jadi salah satu menu sarapan yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

Jenisnya bisa memilih bubur gurih, seperti bubur ayam dan bubur Manado. Apalagi pada bubur Manado terdapat banyak kandungan sayuran. Jadi, lebih sehat dikonsumsi untuk tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com