Makan Sayuran Saat Sarapan Bisa Kurangi Konsumsi Gula, Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Senin, 01 Mar 2021 06:00 WIB
Makan Sayuran Saat Sarapan Bisa Kurangi Konsumsi Gula, Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/Synergee
Jakarta -

Memilih sarapan menyehatkan sangat dianjurkan ahli gizi. Ternyata konsumsi sayur saat sarapan bisa menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Ini kata ahli.

Sayuran merupakan salah satu asupan makanan sebagai sumber nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, ternyata konsumsi sayur yang cukup juga bisa menekan keinginan untuk makan makanan manis dan menekan asupan gula berlebihan.

Terlalu banyak asupan gula sangat berbahaya untuk kesehatan jantung. Jumlah gula yang direkomendasikan oleh Asosiasi Kesehatan Jantung Amerika yaitu berkisar pada 25-36 gram.

Menurut sebuah jurnal tentang nutrisi pada Juli 2012, salah satu cara menekan keinginan untuk makan makanan manis atau asupan gula adalah dengan makan sayuran. Para peneliti juga telah menjelaskan secara lengkap bagaimana sayuran bisa menekan konsumsi gula.

Dilansir melalui Livestrong (21/2) berikut ini ada 3 hal yang menjadi alasan mengapa sayuran bisa menekan konsumsi gula.

1. Mengurangi Keinginan Konsumsi Gula

Makan Sayuran Saat Sarapan Bisa Kurangi Konsumsi Gula, Ini Kata AhliMakan Sayuran Saat Sarapan Bisa Kurangi Konsumsi Gula, Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/Synergee

Sayuran yang pahit seperti brokoli, sawi, kangkung, pare serta sayuran berdaun hijau lainnya memiliki efek pada cara tubuh untuk menafsirkan nafsu makan. Salah satunya yaitu keinginan untuk makan makanan manis.

Baca Juga: Kurangi Konsumsi Gula dengan Langkah Mudah Ini

"Senyawa dalam tanaman mengikat reseptor pahit, meningkatkan air liur dan merangsang produksi cairan pencernaan dari perut dan pankreas," kata Nazirber Maduro.

Efek reseptor dari rasa pahit ini kemudian memengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar. Dalam suatu penelitian pada Oktober 2015, 20 orang yang diberikan kapsul dengan senyawa pahit terbukti makan lebih sedikit kalori.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com